Review Mageia 4 Beta 2

Mageia 4 Beta 2 adalah versi pengembangan dari Project Mageia 4 dari Mageia Linux. Secara umum, versi beta 2 menawarkan beberapa pembaruan dan fitur baru.

Media Distribusi & Installer

Distribusi Mageia 4 akan dirilis dalam bentuk DVD dan CD dalam arsitektur 32 bit dan 64 bit. Mageia 4 akan dirilis dalam LiveDVD KDE dan LiveDVD GNOME, Dual Arch DVD (32 bit dan 64 bit). Selain itu dirilis pula dalam CD, LiveCD KDE, LiveCD GNOME, dan Netinstall.

Medium Install tersebut didukung dengan installer warisan dari Mandriva/Mandrake, tetap menggunakan Drakx Installer dan Drakx Live Install. Untuk Beta 2, Mageia telah berhasil mengupdate komponen dasar dari Drakx menggunakan GTK2 ke GTK3.

Mageia 4 beta 2

MageiaWelcome

Secara resmi Mageia menawarkan satu aplikasi penyambut user baru dengan aplikasi MageiaWelcome. Aplikasi ini akan menyambut user baru dengan sejumlah link penting seperti fitur baru, catatan rilis, catatan kemungkinan error/errata dan panduan khusus untuk newbie. Menariknya, tidak seperti MintWelcome dan sejenis, MageiaWelcome juga menawarkan fitur instalasi software-software pilihan. Anda tinggal klik tombol Install untuk menginstall aplikasi dan jika sudah terinstall dapat anda luncurkan/jalankan dengan klik tombol Launch.

snapshot2

KDE 4.11.3

Mageia 4 menawarkan KDE 4.11.3, bukan versi stable KDE terbaru (yaitu KDE 4.12) dengan sejumlah tweaking minor. Mageia 4 menawarkan fungsi konfigurasi Instant Messaging dan VOIP dalam KDE System Settings. Instant messaging dalam lingkungan KDE ini menggunakan KDE Telepathy sebagai basisnya.

KDE 4.11.3 Mageia 4 Beta 2

Dalam konfigurasi setting KDE, sudah ditawarkan 4 akun, Jabber/XMPP, KDETalk, Google Talk dan Facebook Chat.

snapshot4

Untuk kelebihan dan kekurangan, saya menilai dari beberapa sisi, terutama pemilihan paket dan pendistribusiannya. Beberapa sisi tersebut mungkin tidak lagi valid karena Mageia 4 Beta 2 memang merupakan OS yang sedang dalam tahap pengembangan dan sangat wajar jika memiliki bug yang fatal.

Pengalaman Positif:
– Distribusi dengan LiveDVD & LiveCD, Netinstall dan Dual Arch adalah hal yang luar biasa, patut ditiru oleh distro lain
– MageiaWelcome yang tidak hanya menyajikan sambutan bagi user baru tapi juga tool mudah untuk menginstall software pilihan
– Langkah porting aplikasi warisan Mandrake/Mandriva adalah langkah luar biasa
– Session LiveCD KDE begitu ringan di Virtualbox dengan RAM 1GB.

Pengalaman Negatif:
– Live Installer dengan session Matchbox yang tampilan itu-itu saja terlihat kuno dibanding installer dari distro lain.
– Tidak adanya Office dan Video Player di versi LiveCD itu fatal.
– Firefox gagal dibuka karena gagal mendapatkan profile default (mungkin diperbaiki di beta/rc selanjutnya)
– Artwork yang masih sama dengan Mageia 3 (mungkin diperbaiki di beta/rc selanjutnya)

Mungkin pendapat saya terlalu sempit karena hanya menguji menggunakan LiveCD KDE, namun semoga bisa menjadi gambaran tentang Mageia 4.

Berikut video instalasi Mageia 4 beta 2:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: