Mageia 5 Beta 3 Dirilis dengan Dukungan EFI dan Kernel 3.19

Versi Beta ketiga dari Mageia 5 Linux secara resmi diumumkan di Blog Resmi Mageia sekitar tanggal 13 Februari 2015 yang lalu. Rilis yang juga sebagai kado valentine dari pengembang Mageia ini menjadi satu fase penting dari pengembangan Mageia 5.

Beta 3 dari Mageia 5 ini tampaknya memang sangat serius dipersiapkan. Mungkin para pengembangnya tidak ingin mendapatkan banyak bug dan kendala baru dari apa yang mereka siapkan dari edisi 5 nanti. Mereka sudah menambah 1 beta dari kebiasaan sebelumnya (biasanya, hanya sampai Beta 2).

Apakah kualitas Beta 3 ini sudah layak sebagai versi Kandidat Rilis (RC)? Buktikan saja sendiri… (menurut saya sih, hampir…).

Fitur utama dari Mageia 5 nanti adalah dukungan penuh untuk EFI bagi laptop-laptop baru. Kini, baik versi 32 bit dan 64 dari Mageia 5 sudah mendukung EFI. Selain itu, Mageia 5 juga optimis untuk dapat menghadirkan Kernel Linux 3.19 pada saat rilis finalnya nanti.

LXQt Resmi Tersedia

Selain memasukkan software-software KDE 4.14.3 pada LiveCD dan DVD Mageia 5 beta 3, para pengembang Mageia juga menambahkan desktop LXQt secara resmi pada ISO DVD yang akan dirilis final nanti. Selain itu masih ada banyak software baru seperti SystemD 217.8, Perl 5.20.1, MATE 1.8, Cinnamon 2.4.5, GNOME 3.14.3, LibreOffice 4.4.

Yang menarik adalah langkah memasukkan LXQt sebagai salah satu desktop yang dimasukkan dalam ISO DVD dan membuang ‘Other Desktop’ pada ISO yang sama. Mageia tampaknya mengalami kesulitan memilah dan memilih software yang akan dirilis nanti, terbaru, stabil dan diminati, namun masih muat dalam satu keping DVD.

Oh ya, karena Mageia juga terkenal dengan ke-KDE-annya, mereka tidak lupa menyediakan versi terbaru dari KDE yaitu KDE Framework 5 di repositori software yang mereka kelola. Belum jelas apakah KDE 5 ini akan dimasukkan dalam ISO atau tidak (tebakan saya sih, nggak).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: