Ubuntu 11.04: Yang bisa diharapkan

Ubuntu Developer Summit di Orlando, Amerika Serikat kemarin baru saja selesai dan memberikan banyak daftar kerja dan harapan untuk rilis selanjutnya dari Ubuntu 11.04 (Narthy Narwhal) pada April 2011.

Berikut adalah beberapa harapan dan keputusan besar yang diambil oleh para developer untuk Ubuntu 11.04:

  • Unity sebagai Desktop manager, Ubuntu sudah memutuskan untuk beralih untuk tidak mengharapkan Gnome Shell dan menggunakan antar muka berbasis Unity untuk desktopnya. Unity sendiri adalah desktop manager yang digunakan khusus untuk Ubuntu Netbook Edition 10.10.
  • Digantinya Rhythmbox dengan Banshee
  • Digantinya OpenOffice.org dengan LibreOffice, Ubuntu akan beralih memaketkan LibreOffice daripada OpenOffice.org dikarenakan tensi tinggi dan perdebatan panjang antara Oracle (sebagai pemilik sah dari brand OpenOffice.org) dengan komunitasnya. LibreOffice sendiri adalah fork dari OpenOffice.org dan didukung sejumlah vendor besar diluar Oracle.
  • Tetap menggunakan Firefox daripada Google Chrome, Walaupun Google Chrome begitu pesat dikembangkan, stabil dan telah banyak digunakan sebagai browser utama bagi banyak pengguna Linux, namun Ubuntu tak akan menggeser Firefox sebagai browser defaultnya (untuk sementara ini).
  • Tetap tak akan ada Elementary secara default, Elementary, sebagai theme yang sedang naik daun bagi pengguna Ubuntu tetap tidak akan disertakan secara default pada Ubuntu. Kemungkinan besar tak disetujui karena patch yang ditawarkan sangat rentan di hack.
  • Tetap menggunakan Evolution mail, Evolution mail tidak akan diganti dengan Mozilla Thunderbird
  • Penggantian X.org dengan Wayland (kemungkinan besar final pada Ubuntu 11.10)

Lebih lanjut dan lengkap di blueprint Ubuntu 11.04 berikut:
https://blueprints.launchpad.net/ubuntu/+spec/packageselection-desktop-n-application-selection

1 Comment


  1. belum sempat mencoba gnome shell walaupun sudah naksir, semoga unity bisa menggunakan compiz

    secara garis besar aku lebih menyukai tampilan desktop KDE walau aku pengguna Gnome

    Reply

Leave a Reply