Mungkin bagi sampeyan yang berkesempatan membaca sejumlah situs tekno luar negeri, pasti pernah membaca diakhir tahun lalu ada berita seputar project crowdfunding untuk membuat tablet PC Ubuntu dengan kapasitas gila-gilaan, UbuTab.

Nah, banyak yang mengira project yang diluncurkan di Indiegogo dan tidak berhasil mencapai target itu adalah hanya sebatas scam atau upaya penipuan saja. Hal ini didasarkan dari minimnya informasi baik dari pembuat project ini baik di Indiegogo maupun di website utamanya, ubutab.com yang kini malah tidak bisa diakses.

Seperti saya baca dari Softpedia hari ini, ketika editor softpedia berusaha mengkonfirmasi kepada para developer Ubuntu tentang adanya tablet Ubuntu dengan kapasitas storage 1TB, mereka merasa tidak memiliki informasi dan tidak tahu jika ada satu pabrikan yang sudah mengimplementasikan OS Ubuntu Tablet ini. Kemungkinan besar, kalaupun benar, maka dipastikan UbuTab nanti hadir bukan dengan interface Ubuntu Tablet, tapi Ubuntu biasa (regular PC).

Tahun lalu ketika project ini selesai di Indiegogo, banyak pendukungnya merasa kecewa karena mereka tidak mendapati produk yang dijanjikan, yaitu sebuah USB Stick PC dengan kapasitas 32GB sebelum natal tiba, sampai sekarang. Om Nikki Wertish sendiri sebagai salah seorang pemrakarsa project ini membela diri dengan memposting sebuah konfirmasi di halaman Indiegogonya bahwa mereka sedang berbicara lagi dengan manufaktur tablet dan USB Stick mereka untuk melakukan perbaikan dari produk yang mereka pesan, dimana mereka anggap produk kiriman pertama yang mereka terima jauh dari apa yang mereka harapkan. Kualitasnya belum memenuhi standar dan berharap kedepan bisa diperbaiki.

Oh iya, adakah diantara pembaca yang memesan produk ini? Hehe, selamat berdag-dig-dug ria. Kemuningkan anda kena tipu!