Tidak terasa, tahun 2016 tinggal beberapa hari lagi. Lebih dari 300 hari kita sudah disuguhi banyak berita heboh dan hal-hal baru yang ditawarkan Ubuntu, dan Canonical sebagai pembuatnya. Apa saja berita heboh, fitur baru, dan hal gila lain dari Ubuntu di tahun 2016? Simak ringkasannya berikut.

Canonical Pamerkan Ubuntu Phone di Mobile World Congress (MWC) 2016

Canonical meskipun gagal mewujudkan kampanye Ubuntu Phone di Indiegogo, akhirnya tetap menapaki masterplannya untuk menghadirkan Ubuntu Phone & Tablet pada tahun 2016. Dibuktikan dengan hadirnya booth khusus milik mereka di Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona. Pada gelaran tahunan industri telekomunikasi tersebut, canonical berhasil mencuri perhatian dunia atas perkembangan Ubuntu Phone yang tidak hanya berjalan mulus di Google Nexus, tapi juga di gadget milik Meizu, Oneplus One, Fairyphone dll.

Ubuntu 16.04 Dirilis

Ubuntu 16.04 dengan codename “Xenial Xerus”. Xenial berarti ramah. Xerus adalah tupai afrika yang mampu berdiri dengan dua kaki cukup lama. Sebagai salah satu edisi LTS, Xenial Xerus akan didukung sampai tahun 2021 nanti.

Pada Ubuntu 16.04 ini, Canonical memperkenalkan Snap di Ubuntu LTS. Secara resmi paket aplikasi  ini bisa dipakai pada Software Center. Filesystem ZFS resmi didukung.

Software Center Ubuntu Resmi diganti!

Setelah sekian lama dan sekian banyak orang yang kecewa pada Ubuntu Software Center, Canonical resmi membuang Ubuntu Software Center dalam paket resmi Ubuntu 16.04. Xenial Xerus bukan tidak mempunyai Software Center, Canonical mengganti USC dengan GNOME Software Center yang biasa hadir di Ubuntu GNOME dan distro linux dengan GNOME yang lain.

Ubuntu resmi hadir di Windows, lewat Bash for Windows

Dalam gelaran Microsoft Build 2016, Microsoft resmi merilis hasil kerjasamanya dengan Canonical menghadirkan Ubuntu di Windows! Tidak dalam term keras, mengganti desktop Aero/Windows 8 dengan Unity milik Ubuntu, tapi menghadirkan enviroment Ubuntu lewat software Bash di terminal/command line Windows.

Dengan hadirnya environment Linux (khususnya Ubuntu) di Windows, diharapkan makin banyak pengguna Linux (khususnya developer) yang menggunakan produk Microsoft seperti Azure.

Tablet Ubuntu pertama resmi dirilis

BQ Aquaris M10 adalah tablet phone Ubuntu pertama didunia yang dirilis pada Maret 2016. Dengan harga sekitar 4 Jutaan, BQ Aquaris sukses dipasarkan di Eropa, meskipun tidak sesukses Android atau iPhone.

Snapd versi 2 resmi dirilis

Generasi kedua dari Snapd dirilis oleh Canonical pada Juli 2016. Berkat fitur baru yang dibenamkan pada Snapd 2, sejumlah aplikasi yang dipaket dengan Snap sudah bisa menggunakan MPRIS, built-in webcam laptop, dan mengambil/membaca file dari folder gvfs di home folder usernya. Salah satu yang berhasil memanfaatkan fitur baru tersebut adalah VLC.

Heboh, Ubuntu Desktop Unity running di Windows!

Om Guerra24 di halaman Githubnya merilis screenshoot dari usaha dan risetnya untuk menjalankan desktop Unity di Windows 10. Berkat hadirnya fitur bash on windows beberapa bulan sebelumnya, Guerra24 berhasil menjalankan Unity Desktop di Windows 10 meskipun masih banyak bug yang ditemukan dan banyak fitur yang tidak bekerja.

Heboh, Ubuntu Forum Hacked! 2 Juta data User di Curi

Pada Juli 2016, komunitas Ubuntu dikagetkan dengan aksi hacking yang menimpa forum Ubuntu Official. Dikabarkan ada 2 juta data user yang berhasil dicuri dan beredar liar sampai sekarang. Adanya celah SQL Injection di CMS yang dipakai membuat forum official ubuntu rentan di hack.

Kalau kamu baru tahu kabar ini, silakan update dulu password di Ubuntu Forum. Cek juga emailmu di https://haveibeenpwned.com/.

Ubuntu digunakan pada Demo Autopilot 2.0 Mobil Tesla

Mobil bertenaga listrik yang dijual secara umum di Amerika, Tesla kembali mendemonstrasikan teknologi autopilot generasi kedua atau mobil tanpa sopirnya tahun 2016 yang dianggap sudah sangat canggih. Menariknya dalam demo autopilot tersebut, Layar kendali mobil Tesla yang biasanya tampil software khas milik Tesla, justru terganti oleh tampilan desktop Ubuntu dengan Unity Desktop.

Patut diduga, sebenarnya Mobil Tesla menggunakan Linux, khususnya Ubuntu dalam komputer yang ada di mobil tersebut.

Ubuntu 16.10 Dirilis

Ubuntu 16.10 resmi dirilis dengan codename “Yakkety Yak”. Yakkety sendiri masih diperdebatkan arti resminya, namun banyak yang setuju apa yang dimaksud Mark Shuttleworth dalam Yakkety berfokus pada bicara sesuatu cukup panjang. Dan Yak sendiri adalah hewan sejenis sapi yang hidup di daerah datangan tinggi asia tengah, khususnya dataran Himalaya Tibet.

Pada ubuntu 16.10 ini, Systemd secara resmi menggnatikan Upstart sebagai init system. Mengikuti Debian.

Desktop Unity 8 Mulai bisa Dicoba di Ubuntu 16.10

Unity 8 adalah versi baru dari desktop Unity yang sampai saat ini belum dirilis resmi. Unity 8 akan dirilis dengan sejumlah fitur baru dengan fokus utama untuk kecepatan dan responsifitas serta kompatibilitas dengan Mir dan Wayland (para suksesor X11 display). Karena masih dalam pengembangan, banyak sekali aplikasi yang tidak dapat bekerja baik di Unity 8 session.

Ubuntu Budgie Diresmikan Jadi Official Flavor

Satu lagi keluarga official dari Ubuntu yang diakui oleh Ubuntu Technical Board lahir, namanya ‘Ubuntu Budgie’. Sesuai namanya, Ubuntu Budgie adalah turunan official dari Ubuntu yang menggunakan desktop ‘Budgie‘. Sesuai kabar yang disampaikan di situs resminya, Ubuntu Budgie saat ini sedang dalam pengembangan yang aktif mengikuti jadwal rilis dari Ubuntu 17.04. Dan tentunya, sesuai rencana, bersamaan dengan edisi Ubuntu 17.04 nanti, Ubuntu Budgie akan dirilis.

Microsoft (akhirnya) bergabung di Linux Foundation

Akhirnya sang raksasa Desktop, Microsoft luluh dan menjadi anggota Linux Foundation. Rivalitas dan sindiran-sindiran klasik dari perusahaan pembesut Microsoft Windows dan Microsoft Office ini pun seakan sudah usang. Tinggal sejarah tampaknya.