“Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun”

Meskipun telat sehari dari seharusnya, para pengguna Ubuntu patut merayakan ulang tahun sistem operasi turunan Debian yang pelan tapi pasti sejak tahun 2004 mulai menarik perhatian dan akhirnya mendominasi distro linux sampai saat ini.

Tepat tanggal 20 Oktober 2004, Mark Shuttleworth merilis Ubuntu 4.10 dengan codename “The Warty Warthog”. Dan rilis pertama ini, Canonical, perusahaan dibalik distro Ubuntu ini bahkan menyediakan program Ship It, dimana peminat distro Ubuntu bisa melakukan request untuk mendapatkan CD Installer/LiveCD Ubuntu secara cuma-cuma, dikirim dari Inggris ke seluruh dunia.

Pada waktu itu, program Ship It adalah salah satu gebrakan besar. Cukup buka dan isi form di http://shipit.ubuntulinux.org, kita sudah mendapat perhatian dari Canonical. Ingat, tahun 2004, CD masih jadi media storage populer, belum populer USB Flashdisk disini, dan internet masih lambat, untuk download file ISO 700MB bisa nitip ke OP Warnet, heuheu.

Penampakan CD cuma-cuma dari Canonical, Ubuntu 4.10

Warty Warthog Features
* GNOME 2.8
* Firefox 0.9 (with security patches)
* First class productivity software, Evolution 2.0 and OpenOffice.org 1.1.2
* XFree86 4.3 with improved hardware support

Download

Bagi yang pengen nostalgia, silakan download ISO dari Ubuntu 4.10 disini.
http://old-releases.ubuntu.com/releases/4.10/.

Pengalaman Pertama

Ubuntu adalah salah satu distro linux PERTAMA yang saya coba. Distro Linux pertama yang saya coba adalah MANDRAKE (yang kemudian jadi Mandriva, dan kini bangkrut T_T). Kesan pertamanya sih memang sangat modern dan cepat.