Apa itu UKUI? UKUI adalah desktop environment baru yang diperkenalkan oleh Ubuntu Kylin, versi official Ubuntu di tlatah China. UKUI mulai diperkenalkan sejak Oktober tahun lalu, saat dirilis bersamaan dengan rilis Ubuntu Kylin 16.10.

Lalu apa saja istimewanya UKUI? Salah satu keistimewaannya adalah tampilannya yang sangat user friendly, bahkan sangat mirip dengan Windows 7. Desktop environment ini akan jadi desktop default di Ubuntu Kylin mulai versi 17.04 nanti. Yeaay!

Apa tujuan Ubuntu Kylin mengembangkan Desktop Environment sendiri? Adakah masyarakat China tidak terlalu cocok dengan interface dan kehausan memori dari Unity Desktop? Tebakan saya, Ubuntu Kylin mengincar pasar OEM di China yang saat ini jadi salah satu pusat inovasi TIK dunia.

Lebih Dalam tentang UKUI

UKUI sendiri bukan dikembangkan dari Unity Desktop, dia di fork dari MATE Desktop. Dengan sentuhan luar biasa, UKUI bahkan sudah sangat tidak mirip lagi dengan MATE Desktop dari berbagai segi. UKUI punya launcher menu yang didesain khusus mirip dengan start menu Windows 7. User avatar yang cukup besar, live search aplikasi dan file dan kemampuan ‘pin’ aplikasi ke taskbar menu.

Control Panel, login screen dan screensaver juga dirombak total daripada MATE Desktop. Filemanager Caja di MATE, dirombak jadi Peony, sangat mirip dengan Windows Explorer.

Instalasi UKUI

Bagi yang penasaran dengan UKUI, silakan coba install di desktop Ubuntu masing-masing (resiko ditanggung dewek ya!?), tambah dulu PPA UKUI disini:

sudo add-apt-repository ppa:ubuntukylin-members/ukui

kemudian install dengan:

sudo apt update && sudo apt install ukui-desktop-environment

Selamat mencoba!