Tutorial PHP-MySQL untuk Pemula

Sintaks Dasar PHP

Berikut hal yang harus anda perhatikan dalam belajar dasar sintaks PHP.
1. Selalu simpan file sebagai file PHP (berakhiran .php, .php5 atau lainnya!), jangan sekalipun simpan dengan ekstensi lain (txt, htm, html dll) karena tidak akan di eksekusi oleh parser PHP.

2. Setiap sintaks PHP harus berada diantara tag PHP, yaitu:

<?php
?>

Walaupun bisa dengan menggunakan variasi tag

<? ?>

ataupun

 <% %> 

, SANGAT DISARANKAN menggunakan tag default karena tidak ada yang menjamin 100% penyedia hosting/server anda mendukung tag selain tag default.

3. Berhati-hatilah dalam mengkombinasikan antara tag HTML dan tag PHP dalam satu file. Harus selalu diperhatikan bahwa tag HTML yang berada diantara tag PHP akan membuat skrip anda error. Contoh yang benar:

<html>
<body>

<?php
echo "Selamat pagi kakak....";
?>

</body>
</html>

Dalam skrip tersebut, kita kan menggunakan perintah dasar echo atau bisa anda ganti print untuk menuliskan sesuatu di layar.

4. Selalu berikan komentar pada baris-baris skrip yang penting! Pemberian komentar pada skrip PHP dapat anda lakukan dengan menuliskan komentar diantara tanda /* dan */ sebagai pengakhirnya. Untuk komentar singkat pada sebaris skrip, bisa menggunakan tanda // atau tanda #.

Contoh:

<?php
// komentar singkat sebaris

#alternatif komentar singkat sebaris

/*
Ini adalah komentar untuk skrip yang memuat cukup banyak hal
*/
?>

Untuk mempraktekkannya, silakan buat file latihan.php dan isi dengan salah satu dari skrip diatas. Simpan di folder web root (C:\xampp\htdocs\ jika di Windows, atau di /opt/lampp/htdocs atau di /var/www atau di /home/emka/sites/). Buka skrip tersebut dengan web browser dengan alamat http://localhost/latihan.php. Lihat hasilnya.

Pada tutorial selanjutnya kita akan belajar tentang Variabel (istilah lain Konstanta jika di Matematika) di PHP