Sepang – Race Direction menghukum Marc Marquez pengurangan satu poin atas insiden di Aragon. Rookie20 tahun itu dianggap telah membalap dengan tidak bertanggung jawab, dia pun diminta lebih berhati-hati.

“Untuk Marc Marquez, kami sudah menambahkan penalti satu poin untuk total poinnya di musim 2013 karena gaya membalap yang tidak betanggung jawab,” demikian pernyataan resmi Race Direction terkait jatuhnya hukuman pengurangan satu poin pada Marquez.

Meski awalnya diprediksi akan mendapat hukuman berat, Marquez ternyata cuma disanksi pengurangan satu poin oleh Race Direction. Itu menjadi hukuman pengurangan poin kedua yang didapat Marquez setelah pada MotoGP Inggris lalu poinnya dipotong dua.
“Saya ingin menekankan kalau Race Direction dengan ini mengirim pesan terkait standar berkendara dengan tetap mempedulikan pebalap lain saat melaju berdekatan dengan pebalap lain,” lanjut pernyataan tersebut seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

Meski tampil gemilang di musim debutnya dan kini memuncaki klasemen sementara, Marquez dapat beberapa kritik dari para senior. Gaya membalapnya dianggap berbahaya, bukan saja buat rider lain tapi juga untuk dirinya sendiri.

“Kami mengirim pesan pada Marc, pesan yang jelas. Kami paham dia pebalap yang sangat bertalenta dan cukup pintar untuk memahami kalau ada batasan untuk kesalahan – terutama, sebagaimana sering kami saksikan di musim ini, saat melakukan pengereman. Karena pebalap yang berada di belakang punya tanggung jawab untuk tidak terlalu dekat dengan yang ada di depannya dan sedang melaju di lajur balapnya.”

“Akhirnya, kami mendapati kejadian di mana Marc sudah sangat dekat dengan pebalap lain – sangat dekat sehingga menyebabkan senggolan – saat datang dari arah belakang. Buat kami itu adalah sebuah sinyal (meski senggolannya terbilang minim) untuk membuat peringatan formal yakni dengan menjatuhkan penalti pengurangan poin buat Marc untuk menyatakan kalau dia harus lebih berhati-hati.” Sumber: detikSport