Motegi – Marc Marquez memang hanya finis di urutan kedua di belakang Jorge Lorenzo yang menjuarai MotoGP Jepang. Meski demikian, hasil itu sudah cukup untuk Marquez memastikan gelar juara dunia.

Dalam balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (12/10/2014) siang WIB, Marquez cuma finis di urutan kedua. Dengan catatan waktu 42 menit 22,897 detik, dia tertinggal 1,638 detik dari Lorenzo yang finis terdepan.

Meski demikian, hasil itu sudah cukup mengantar Marquez untuk memastikan gelar juara dunia musim balap 2014. Dengan raihan 312 poin dan tiga balapan tersisa, jumlah poin Marquez sudah tak bisa lagi dikejar oleh Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang sama-sama punya 230 poin.

Titel ini menjadi yang kedua secara beruntun didapat oleh Marquez. Musim lalu, pebalap yang kini masih berusia 21 tahun itu juga menjadi juara dunia.

Jalannya Balapan

Valentino Rossi langsung melesat usai start. Pebalap Yamaha yang memulai balapan dari posisi kedua itu langsung memimpin di depan Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Sementara itu, memasuki lap kedua, Cal Cruthlow harus out. Pebalap Ducati itu terjatuh di di tikungan kesembilan. Setelah bersaing ketat sepanjang empat lap, Lorenzo akhirnya melewati Rossi di lap kelima untuk berada di posisi terdepan. Sementara itu, Marc Marquez yang ada di posisi keempat terus mendekati Dovizioso.

Terus menekan, Marquez akhirnya menyalip Dovizioso di lap kesembilan. Kini dia ada di posisi ketiga di belakang Lorenzo dan Rossi.

Sementara itu, memasuki lap ke-11, Dani Pedrosa masih ada di posisi kelima. Dia terpisah 1,4 detik di belakang Dovizioso. Di lap ke-14, baru Pedrosa bisa melewati Dovizioso.

Memasuki lap ke-15, Lorenzo yang masih ada di posisi terdepan mulai memimpin dengan nyaman. Sementara Marquez dan Rossi terus terlibat persaingan sengit dalam memperebutkan posisi kedua. Meski sempat disalip, Rossi bisa kembali melewati Marquez tak lama kemudian.

Di lap berikutnya, Marquez akhirnya benar-benar melewati Rossi. Prosesnya tak beda jauh dengan saat Marquez melewati Rossi di lap sebelumnya.

Memasuki empat lap terakhir, empat posisi terdepan masih belum berubah. Lorenzo masih memimpin dengan berturut-turut diikuti oleh Marquez, Rossi, dan Pedrosa. Kendati demikian, Pedrosa dan Rossi perlahan mulai mendekat.

Komposisi itu tak berubah hingga balapan berakhir. Lorenzo menjadi yang pertama menyentuh garis finis. Sementara Marquez yang finis kedua memastikan gelar juara dunia.

Sumber: detikSport