Le Mans – Marc Marquez harus puas finis keempat di MotoGP Prancis meski start dari posisi terdepan. Juara dunia dua musim terakhir itu menyebut kenaikan temperatur trek membuatnya kesulitan.

Dalam balapan di sirkuit Le Mans, Minggu (17/5/2015) malam WIB, Marquez langsung melorot selepas start. Dari posisi terdepan, dia terlempar ke urutan tiga di belakang Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Pada prosesnya, Marquez terus menurun. Dia lantas dilewati Andrea Iannone, kemudian Valentino Rossi. Rossi selanjutnya melewati Iannone dan Dovizioso. Susunan Lorenzo, Rossi, dan Dovizioso pada akhirnya tak berubah sampai balapan tuntas.

Marquez sendiri sempat terlibat duel ketat dengan Iannone dan Bradley Smith untuk posisi empat. Setelah aksi saling salip-menyalip, pebalap asal Spanyol itu berhasil memenangi duel dan finis di belakang Dovizioso.

Marquez menyebut meningkatnya suhu di trek membuat ban depannya bekerja tak optimal. Faktanya para pebalap Honda lainnya terjatuh dalam balapan tersebut, di antaranya rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, juga pebalap LCR Honda Carl Crutchlow dan rider Marc VDS Scott Redding.

“Hari ini temperaturnya naik dengan tajam, kami belum pernah mengendarai motor di kondisi seperti ini di sepanjang pekan ini,” kata Marquez dikutip Crash.

“Di lap keempat saya mulai menyadari bahwa saya punya banyak masalah dengan bagian depan motor. Saya rasa semua pebalap Honda punya masalah yang sama, faktanya banyak yang terjatuh setelah kehilangan daya cengkeram ban depan karena kami benar-benar menderita di sana.”

“Kami tahu itu bakal terjadi dengan kenaikan temperatur, perubahan kondisi. Tapi kami semula memperkirakan itu akan membawa kebaikan dan kali ini ternyata malah jadi buruk. Kamiharus belajar dari balapan ini, terutama dari data yang telah kami kumpulkan,” imbuhnya.

Balapan malam tadi tercatat berjalan dalam temperatur 32 derajat celcius. Dengan hasil ini, Marquez masih tertahan di peringkat empat klasemen pebalap dengan nilai 69 dari lima seri. Dia ada di belakang Rossi (102), Lorenzo (87), dan Dovizioso (83).

Sumber: detikSport