Salah satu fitur dari berbagai Sistem Informasi yang saya kembangkan adalah output dokumen baik berupa file PDF, Excel maupun Word. Dari sekian lama pencarian Class-class PHP terbaik yang membantu proses export dokumen seperti diatas, khususnya untuk file Word (DOCX), setidaknya ada 4 Class PHP yang layak sampeyan Coba.

PHPWord

PHPWord adalah bagian dari suite PHPOffice, sebuah kumpulan Class PHP yang mampu mengolah dan membaca file-file Microsoft Office. Khusus untuk PHPWord sendiri, sampai versi terbaru (saat tulisan ini terbit) sudah mampu membaca dan menulis berbagai format dokumen Office seperti:

  • Microsoft Office OpenXML (OOXML/OpenXML) seperti *.doc dan *.docx
  • OASIS Open Document Format (ODF)
  • Rich Text Format (RTF)
  • HTML, dan
  • PDF

PHPWord sendiri tidak terlalu tinggi standar kebutuhannya, cukup dengan PHP 5.3.3 ke atas, dan beberapa extension PHP seperti XML Parser, PHP Zip, PHP GD dan XML Writer.

Silakan pantau pengembangan dan dokumentasi dari PHPWord disini: https://github.com/PHPOffice/PHPWord

DOMDocument + XSLTProcessor + ZipArchive

DOMDocument kemudian XSLTProcessor dan ZipArchive adalah kumpulan pustaka bawaan PHP yang bisa digunakan untuk membuat file Word dari template yang ada, tanpa kebutuhan class PHP yang muluk-muluk. Bisa dibilang native solution.

DOMDocument seperti kita tahu adalah class native PHP yang membantu mengelola file HTML. Kemudian XSLTProcessor digunakan untuk mengonversi HTML ke OpenXML dan ZipArchive digunakan untuk kompresi file tersebut kedalam file *.docx.

Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan baca dari PHP.net

  • http://php.net/manual/en/class.domdocument.php
  • http://php.net/manual/en/class.xsltprocessor.php
  • http://php.net/manual/en/class.ziparchive.php

PHPDocx

PHPDocx adalah class PHP pengolah file Word dan PDF dengan model delivery sebagai API dan produk komersial. Harga layanannya bervariasi, mulai dari 149 USD (basic) sampai dengan 499 USD.

Membuat dokumen docx, pun semudah dengan mengonversi HTML + CSS ke Word, dan memformat file Word dengan tag-tag selektor HTML/CSS. Solusi yang sangat susah ditemui di class PHP lain.

Banyak solusi-solusi kelas enterprise yang ditawarkan oleh PHPDocx, seperti Merging banyak file docx, search dan replace text, highlight text, delete content, watermarking dan indexer.

Silakan cek http://www.phpdocx.com

dan yang terakhir adalah

VS PHP Word HTML

salah satu class yang memperoleh rating terbaik di PHPClassess.org yang membantu pembuatan file DOCX. Meskipun sangat sederhana, VS PHP sudah sangat cukup untuk membuat file Word dengan mudah. Bahkan dengan editor WYSIWYG HTML seperti TinyMCE dan menyimpannya sebagai file DOCX loh.

Silakan cek di PHP Classes, https://www.phpclasses.org/package/8991-PHP-Create-DOCX-Word-document-dynamically-from-HTML.html

Selamat berpuasa, :p