Bagi pengguna linux kawakan, distro Mandriva/Mandrake mungkin pernah menjadi salah satu distro pertama yang dicoba saat migrasi ke Linux. Singkat cerita setelah 20 tahunan berdiri, Mandriva kini jadi OpenMandriva, sepenuhnya diserahkan ke komunitas.

Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba menggunakan OpenMandriva ARM di Raspberry Pi 2 dan 3. Bisa juga diterapkan di board lain selama berarsitektur ARMv7 Hard Float (armv7hl). Ada beberapa keunikan dan alasan kenapa harus mencoba OpenMandriva ARM:

  • karena OpenMandriva sudah menggunakan CLANG sebagai compiler aplikasi dan library nya, tidak lagi mengguna gcc seperti distro lain. Dan menggunakan Clang berarti mendapatkan kecepatan compile tinggi dan tidak mewarisi gemuknya gcc yang banyak warisan-warisan compiler masa lalu
  • karena OpenMandriva menggunakan RPM sebagai package manager, suasana baru bagi yang selama ini memakai DEB sebagai package manager
  • karena OpenMandriva ARM dikembangkan oleh tim yang menggunakan board modern, bekerja di Linaro dan menggunakan OpenMandriva sebagai gear compiler nya.

Download Image OpenMandriva ARM

Untuk mendownload OpenMandriva ARM, silakan kunjungi laman: https://sourceforge.net/projects/openmandriva/files/Raspberry_Pi2/ dan unduh file terbaru.

Ekstrak file tersebut sehingga keluar file *.img. Kemudian burn ke MicroSD seperti biasa. Jika sampeyan menggunakan Linux/MacOS, silakan gunakan perintah:

sudo dd if=pi2-OpenMandrivaLx.2014.1-kde4.img of=/dev/sdb bs=4M

dan jika sudah selesai, silakan dipasang di board Raspberry Pi 2/3. Jalankan RPi seperti biasa. Username dan password default adalah root dan root.

Update Software

untuk update software, silakan gunakan perintah

urpmi --auto-update

pastikan kabel LAN sudah ter-culek ke Internet ya. Selamat mencoba!

Bonus:

Video Bernhard Rozenkranzer (bero) sedang menjelaskan laptop dan PC ARM dari Linaro dan pabrikan kerjasamanya di Event Linaro Developer. Dan, distro linux yang dipakai adalah OpenMandriva ARM dengan KDE Plasma!