Memperingati Pi Day, tanggal 14 Maret Kemarin, Raspberry Pi Foundation mengumumkan versi upgrade dari Raspberry Pi 3 Model B. Kini hadir dengan nama Raspberry Pi 3 Model B+. Apa saja yang diupgrade pada versi terbaru tersebut?

  • Yang pertama, dari sektor kecepatan Prosesor. Kini Raspberry Pi sudah memapai prosesor Quad-core ARM Cortext-A53 64 bit dengan kecepatan 1.4 GHz. Sudah lebih cepat dari versi sebelumnya.
  • Yang kedua, Wireless LAN (Wifi) yang kini mendukung Dual-band 802.11ac dan frekuensi wifi 5 GHz. Selain itu, Bluetooth juga diupgrade ke versi 4.2.
  • Yang ketiga, Raspberry Pi sudah mendukung PoE (Power over Ethernet) tapi dengan HAT atau asesoris yang terpisah. Sehingga jika dibutuhkan, Raspberry Pi sudah bisa dinyalakan via kabel LAN.
  • Yang keempat, kemampuan untuk booting dari jaringan PXE dan booting dari USB Flashdisk. Tidak perlu lagi utak-atik aneh-aneh, sekarang Raspberry Pi sudah seperti PC/Laptop kebanyakan yang bisa booting dari USB Flashdisk.

Lebih lengkapnya, simak video berikut aja:

Tenang, harga dari Raspberry Pi 3 Model B+ ini masih tetap 35 dollar. Belum jelas, adakah supplier atau toko online yang sudah jual versi terbaru ini.