Pada tutorial kali ini kita akan menginstall ubuntu server di Orange Pi i96. Apa itu Orange Pi i96? simak penjelasannya berikut.

Orange Pi i96 adalah single board computer (SBC) yang diproduksi oleh Shenzen Xunlong Software, co.ltd. Ukurannya sangat kecil, 60 mm x 30 mm. Sudah dibekali dengan prosesor ARM Cortex A5 32 bit dan RAM 256 MB.

Sudah punya chip Wi-Fi dan Bluetooth dan port untuk Kamera dan 40 pin header. Lebih lengkapnya silakan baca spek dan beli barangnya dari sini (Aliexpress.com/China)   atau beli dari saya di Tokopedia/Bukalapak.

Cara Install Ubuntu Server di Orange Pi i96

Sebelum menginstall Ubuntu Server di Orange Pi i96, siapkan ramuan yang diperlukan selain Board Orange Pi adalah Power Supply MicroUSB 5v 2A dan seonggok MicroSD minimal 4GB kelas 10 (atau lebih baru/cepat).

Download pula image Ubuntu Server untuk Orange Pi i96 dari sini:

dan PC Windows atau Linux. Bagi pengguna Windows silakan download tool untuk burning image Orange Pi i96 ke SD Card dari sini https://www.sdcard.org/downloads/formatter_4/eula_windows/

Install Orange Pi i96 via Windows

Jalankan software SDFormatter4 (link download diatas)

klik pada tombol Option untuk mengganti setting format SD Card

Kemudian flash image ke SD Card dengan Win32 Disk Image (download dari sini: http://sourceforge.net/projects/win32diskimager/files/Archive/)

Pastikan pilihan drive SD Card bener (bukan C:\ atau D:). Browse image orange-pi-i96 dan klik Write.

Tunggu sampai proses selesai.

Install Orange Pi i96 via Linux

Untuk melakukan instalasi orange pi i96 di linux, silakan buka terminal (contoh Ubuntu).

ketikkan perintah:

sudo dd if=/home/emka/Downloads/orange-pi-i96-ubuntu-server.img of=/dev/sdx

dimana /home/emka/Downloads/…img adalah tempat file image orange pi i96 dan /dev/sdx adalah tautan devais sd card. biasanya bukan /dev/sda (karena /dev/sda biasanya harddisk)

untuk mengetahui /dev/sdX silakan jalankan perintah dmesg | grep USB dan baca hasilnya di /dev mana

Booting Ubuntu Server di Orange Pi i96

Jika selesai melakukan flash image ke SD Card, silakan taruh sdcard ke tempatnya di Orange Pi i96. Colokin power supply dan tekan tombol power sampai menyala.

Karena tidak ada port video out seperti HDMI atau composite RGB, sebaiknya gunakan image yang ready to use (sudah dikonfigurasi ip address, dll). Atau gunakan debug TTL dari Orange Pi i96 (dibahas di tutorial di lain waktu :D)

Untuk pertama kali booting waktu yang dibutuhkan sekitar 2 – 5 menit, tergantung class SD Card yang dipakai.