Apa sih Orange Pi R1? board apalagi ini? Apa bedanya dengan saudara Orange Pi lainnya, atau bedanya dengan Raspberry Pi apa sih? Semoga tulisan ini bisa menjawab pertanyaan diatas.

Orange Pi R1 adalah seri dari board Orange Pi yang memiliki 2 Port Ethernet, sehingga banyak digunakan sebagai Router/Firewall. Bentuknya mirip dengan Orange Pi Zero, hanya berbeda di jumlah port Ethernet yang berjumlah 2 buah.

Seperti ini tampak atas dari Orange Pi R1:

Orange Pi R1 menggunakan chip ARM Cortex-A7 H2 Quad-core 32 bit, yang mampu bekerja di angka 1.7 Ghz. Sudah punya GPU onboard, Mali 400MP2 pada 600 Mhz. Dengan GPU ini, Orange Pi R1 sudah kompatibel dengan OpenGL 2.0.

Wifi yang sudah terpasang juga lumayan, Realtek RTL8189 FTV, sudah mendukung protokol 802.11 b/g/n. Plus sudah terpasang antena, jadi ga usah ribet.

Perbedaan Orange Pi R1 dan Raspberry Pi terletak dari desain awalnya, dimana Orange Pi R1 sudah punya 2 ethernet port, RPi belum. Namun, Orange Pi R1 tak dilengkapi port HDMI dan Audio Out seperti RPi.

Seperti saya tulis diatas, ada dua port ethernet di Orange Pi R1. Keduanya pada kelas 100M/10M. Salah satunya menggunakan chipset RTL8152B. RAM dari Orange Pi R1 ini sudah 256MB. Cukup besar untuk board yang akan dijadikan Router.

Di halaman download dari Orange Pi R1 sudah ada image untuk Debian Desktop, Android, Ubuntu Server, Debian Server, Ubuntu Desktop dan (yang paling menarik nih) ada image OpenWRT dan ZeroShell (firewall) yang sudah bisa didownload dan diinstal di Orange Pi R1.

Kalian bisa beli Orange Pi R1 di Tokopedia (klik link)