JAKARTA— PT Zahir International membidik peningkatan penjualan Zahir Accounting untuk bisnis ritel. Produsen software lokal bidang akuntansi itu menjagokan fitur program kasir atau point of sale.

“Kami membidik sektor bisnis eceran yang kini berkembang pesat di Tanah Air, melalui fitur point of sale,” ungkap Direktur PT Zahir International, Muhammad Ismail Thalib di Jakarta, Kamis (29/2).

Ia menjelaskan, salah satu aplikasi Zahir Accounting adalah point of sale atau program kasir yang banyak digunakan sektor ritel. “Dewasa ini sektor ritel di Indonesia berkembang makin marak seiring dengan kenaikan tingkat pendapatan per kapita rakyat Indonesia yang sudah menembus 3.000 dolar AS,” papar Muhammad Ismail.

Ia menyebutkan, berbagai toko mainan, pakaian, kelontong, makanan, café, hingga minimarket berkembang luar biasa. Bahkan, sejumlah peritel asing pun turut meramaikan pasar yang tercipta oleh naiknya kelas menengah Indonesia.

“Ini merupakan peluang bagi Zahir Accounting untuk meningkatkan penetrasi pasar di sektor bisnis ritel. Salah satu momentum yang kami berusaha maksimalkan adalah Mega Bazaar Computer 2012, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 29 Februari sampai 4 Maret 2012,” tuturnya.

Muhammad Ismail mengemukakan, hingga saat ini banyak pedagang ritel yang masih menggunakan cara manual untuk mengelola kasirnya. Selain butuh waktu lebih lama dan tidak praktis, hasilnya tidak mudah untuk digunakan mengambil keputusan. “Point of sale Zahir sangat mudah digunakan, praktis, realtime, dan hasilnya dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis,” paparnya.

Ia menyebutkan, pihaknya terus menyempurnakan point of sale Zahir Accounting. Selain kecepatan waktunya ditingkatkan, point of sale Zahir bisa diintegrasikan dengan Magnetic Card Rider (MCR) kartu debit/kredit. “Program kasir Zahir bisa langsung membaca barcode, sehingga kasir tidak perlu mengetik kode barang tersebut,” ujarnya.

Ia mengemukakan, harga point of sale Zahir Accounting bervariasi, mulai dari Rp 2 juta per computer. “Saat ini software yang memiliki program kasir cukup banyak. Namun Zahir mempunyai kelebihan karena terintegrasi dengan accounting, sehingga pengelola/pemilik ritel tersebut bisa mengetahui proses bisnis seketika (real time),” papar Muhammad Ismail Thalib.

Humas PT Zahir International, M Nizar mengatakan, PT Zahir International dikembangkan pertama kali tahun 1996. Perusahaan lokal itu hingga saat ini menjadi market leader software akuntansi Indonesia, dan memenangkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional.

“Saat ini Zahir sudah terjual lebih 25 ribu software. Sebagian besar pelanggan Zahir adalah usaha kecil dan menengah (UKM) yang merupakan pasar utama yang dibidik oleh Zahir,” ungkap M Nizar.

Sumber: Republika