JAKARTA–Intel Indonesia menghadirkan prosesor Intel Atom generasi ke-3 pada kuartal pertama 2012.

“Pengaturan daya dari platform ini memberikan potensi bagi peningkatan kinerja dan daya tahan baterai hingga 20 persen dibanding generasi sebelumnya,” kata Kepala Perwakilan Intel Indonesia, Santhosh Viswanathan di Jakarta, Kamis.

Prosesor generasi ke-3 tersebut yaitu prosesor dual core Intel Atom N2600 (1M Cache, 1.6 GHz) dan N2800 (1M Cache, 1.86 GHz) yang berukuran 32 nanometer.

“Netbook berbasis platform ini menawarkan masa baterai hingga 10 jam, waktu siaga hingga berminggu-minggu, dan dukungan untuk video high-definition 1080p,” kata Santhosh.

Kemampuan prosesor itu antara lain memungkinan netbook terkoneksi dengan internet secara instan setelah dibuka.

“Para pengguna bisa memperoleh update email, RSS feed, atau twitter secara otomatis bahkan dalam sleep mode,” kata Santhosh.

Teknologi Intel Rapid Start, menurut Santhosh, membantu netbook hidup kembali dari mode standby dengan cepat sehingga membantu menghemat daya tahan baterai.

Sistem yang menggunakan platform berbasis prosesor Intel Atom dari merek-merek perangkat komputasi seperti Acer, Asus, HP, Lenovo, Samsung, dan Toshiba hadir di Indonesia pada kuartal pertama 2012.

Sumber: Republika