Sejumlah produk ultrabook kini muncul untuk bersaing mendominasi pasar laptop. Untuk menyaingi ultrabook, Lenovo segera memperkenalkan kategori baru personal komputer yang mempunyai kemiripan dengan ultrabook, yaitu sleekbook.

Kategori baru ini untuk mengakomodasi kebutuhan keterjangkauan harga dari ultrabook yang masih tergolong premium. Sleekbook hadir sekaligus menawarkan performa yang lebih baik dari netbook.

“Kategori baru ini kita sebut sleekbook. Ini akan men-drive (pasar) karena tipis dan kecil,” kata Sandy Lumy, President Director PT. Lenovo Indonesia.

Kehadiran kategori baru ini juga untuk mengakomodasi ketidakpuasan pada netbook yang layarnya kecil dan keyboard-nya tidak nyaman. Sandy juga mengatakan sleekbook mengusung desain unibody. “Body-nya one piece alumunium,” ujarnya.

Sandy mengatakan yang menjadi diferensiasi dari kategori baru ini yakni kinerja di atas netbook. Seperti netbook, Lenovo juga tidak melengkapi sleekbook ini dengan optical disk drive.

Daya tahan baterai sleekbook bisa lebih dari 9 jam. “Performa dan ketahanan baterai harus seimbang,” katanya.

Bagaimana dengan harga? Sandy memberi sinyal harga produk ini di bawah ultrabook dan di atas netbook. “Yang pasti harga lebih kompetitif,” katanya.

Ia menyebutkan kategori baru ini memiliki layar lebih kecil, berukuran 12 inch. “Ini sesuai dengan keinginan pasar Indonesia yang inginkan perangkat murah tapi stylish,” tambahnya.

Ia mengatakan bahwa untuk karakteristik harga netbook dan notebook dalam pasar Indonesia yang paling disukai yakni dibawah US$ 300, kedua US$ 400-600, dan selanjutnya US$ 300-400.

Sandy mengatakan bahwa kategori Ultrabook-Like ini akan hadir mulai tahun ini.

Sumber: Vivanews