SEOUL – Sampai sejauh ini, Qualcomm merupakan satu-satunya senyedia one-chip solution untuk Samsung. Namun, hal itu tampaknya akan berubah.

“Samsung memiliki niat yang kuat untuk meninggalkan ketergantungannya pada Qualcomm,” kata seorang eksekutif Samsung yang menolak disebutkan namanya, seprti dilansir The Korea Times, Selasa (20/3/2012).

“Teknisi kami percaya bahwa kami telah mencapai kemajuan signifikan dalam memproduksi logic-based chip untuk perangkat mutakhir. Ini mengkombinasikan chip logic dan memori untuk pengendali grafis serta chip komunikasi koneksi internet di perangkat konsumer,” tambahnya.

Sejalan dengan rencana tersebut, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini sedang meningkatkan teknologi memori TSV (through silicon via) miliknya. “Rencana jangka panjang kami jelas. Menggunakan solusi Samsung untuk produk Samsung,” ujarnya.

Untuk mencegah kehilangan saah satu pelanggan utamanya, Qualcomm baru-baru ini mengumumkan peluncuran platform generasi kelima. Platform dimaksud adalah Gobi yang berusaha mendukung hampir semua standar utama mobile di seluruh dunia dalam satu chip.

“Hal ini akan memungkinkan dukungan untuk frekuensi LTE regional dengan kompatibilitas mundur ke jaringan 2G dan 3G yang sudah ada. Sehingga memungkinkan perangkat Gobi LTE terhubung ke jaringan LTE lokal yang lebih cepat . Selain itu, tetap terhubung ke Internet global lewat 3G di seluruh dunia,” tulis Qualcomm mengenai produknya.

Sayangnya, belum ada keterangan resmi dari pihak Qualcomm maupun Samsung mengenai rencana ini.

Sumber: OkeZone