TOKYO – Lagi, resolusi kamera 41MP pada ponsel Nokia 808 PureView menuai kritik dari produsen kamera. Setelah Olympus dan Nikon, kini giliran Sony yang memberikan pendapatnya tentang kamera 808 PureView tersebut.

Sony mengayakan bahwa teknologi kamera 41MP pada ponsel Nokia tersebut merupakan teknologi lama. Produsen Jepang tersebut mengatakan, pihaknya telah lama menggunakan pixel teknologi zoom yang sama dalam kamera tersebut sekira satu tahun.

“Jelas bahwa pengumuman pengembangan kamera ini bukanlah teknologi baru. Itu merupakan yang telah dilakukan pada kamera kami selama satu tahun ini,” ujar Paul Genge dari Sony Inggris, seperti dilansir dari Tech Radar, Jumat (16/3/2012).

“Dibandingkan dengan kamera Sony, maka itu tidak terlalu menonjol walaupun dalam ukuran mobile, saya mengerti mengapa hal itu bisa menarik banyak sekali perhatian. Tapi itu baru pengumuman teknologi, belum menjadi solusi ritel yang masuk akal,” tambahnya

Meski begitu, divisi kamera Sony percaya bahwa Nokia akan berjuang menjual 808 PureView karena menurut Genge ponsel itu akan sulit dijual pada konsumen. “Nokia Inggris telah menutup semua pengecernya. Maka ponsel ini hanya akan memasuki pasar jika penyedia jaringan mobile mengambilnya, kita harus menunggu untuk melihat apakah itu akan terjadi,” pungkasnya.

41MP pada kamera ponsel Nokia memang mampu menyedot perhatian sejak pertama kali diumumkan beberapa pekan lalu, tapi sejak itu pula beberapa orang dengan cepat mencela teknologi tersebut. Sebelum Sony, juru bicara Olympus mengangap kamera 41MP yang dibenamkan Nokia pada ponsel terbarunya sebagai sebuah omong kosong.

Sedangkan Nikon mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak khawatir dengan resolusi kamera pada 808 PureView. Hampir sama dengan Olympus, saat itu Nikon menyatakan ingin menguji kemampuan Nokia 808 PureView dan membandingkan hasil jepretan kamera masing-masing.

Sumber: Okezone