Telkomsel kembali menghadirkan Me-Chat, aplikasi yang memungkinkan pelanggan menerjemahkan kata atau kalimat, push email, dan berbagi gambar serta suara dengan sesama pengguna aplikasi.

Aplikasi itu dapat digunakan oleh pelanggan kartu Halo, Simpati, maupun AS. “Dengan hadirnya aplikasi ini pelanggan dapat terhubung satu sama lain seperti mengobrol dan mengirim gambar layaknya BBM dengan menggunakan berbagai merk ponsel yang beredar di Indonesia,” kata Head Of Area Pamasuka Group Bona LP Parapat di Makassar, Selasa

Aplikasi ini kata dia, dapat dioperasikan di berbagai handset, khususnya berbasis MTK, di mana aplikasi ini sudah di-set dalam handset tersebut.

Lebih jauh ia mengatakan, Me-Chat memiliki sejumlah kelebihan, yakni dapat diaktifkan secara instan karena menggunakan server lokal Indonesia, dapat terintegrasi langsung dengan chatting, Twitter, Facebook, terjemahan, dan push email yang sekaligus terintegrasi di dalam sistem operasi.

“Pelanggan juga dapat berimajinasi melalui Emoticon dan mudah mengidentifikasi nama pengguna yang terhubung langsung dengan nomor ponsel,” katanya.

Untuk berlangganan, lanjut dia, aktifkan Me-Chat dari menu aplikasi atau menekan tombol pintas (shortcut) yang ada di ponsel seperti tombol spasi atau tombol Alt atau tombol dengan logo ME. Saat ini Me-Chat sudah dapat diakses melalui handset dengan berbagai merek ponsel.

Mengenai cara pemakaian Me-Chat tambahnya, saat pertama kali menggunakan Me-Chat, pelanggan akan diarahkan untuk mengaktifkan paket harian senilai Rp1.000 perhari, namun mesti mengaktifkan paket harian harus melalui aplikasi. Pelanggan cukup mengirimkan SMS ke 9855 baik berlangganan harian, mingguan dan bulanan.

Paket harian dapat dinikmati seharga Rp 1.000 perhari, paket mingguan Rp6.000 pertujuh hari, dan paket bulanan Rp 25.000.

Me-Chat mempunyai Lima layanan utama seperti, Me-Chat, pengguna dapat melakukan pesan instan antar pengguna di manapun dan kapanpun dengan cepat dan efektif. Selain itu pengguna juga tetap bisa terhubung dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Kedua Me-Picshare yaitu, fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi gambar dengan teman sesama pengguna Me-Chat ataupun bukan. Pengguna bisa mengirimkan gambar, baik dari kamera ataupun media di handset.

Ketiga, Me-Audioshare, fitur ini berfungsi untuk berbagi suara dengan sesama pengguna ataupun bukan pengguna Me-Chat. Apabila nomor tujuan bukan pengguna aplikasi Me-Chat, maka akan muncul konfirmasi untuk mengirimkan melalui link.

Keempat, Me-Mail, dengan fitur ini pengguna dapat mendaftarkan alamat email yang akan digunakan sebagai push email. Layanan ini dapat digunakan pada email yang mempunyai fasilitas forward mail. Selain itu pengguna juga dapat menulis email baru dan mengirimkannya ke alamat email tujuan.

Dan kelima, Me-Translator seperti layanan penerjemah untuk menterjemahkan SMS dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Layanan ini dapat digunakan dari kotak pesan SMS ataupun menulis baru. Dalam layanan ini terdapat beberapa pilihan bahasa seperti, Indonesia, Inggris, Spanyol, Malaysia, dan Mandarin.

Sumber: Republika