Jakarta – Tender seluler 3G yang akan memperebutkan dua kanal tersisa di pita 2,1 GHz akan makin ketat seiring kian seriusnya Axis dan Indosat untuk bersaing dengan Telkomsel dan XL yang telah lebih dulu menyatakan minatnya.

Head of Corporate Communication Indosat Djarot Handoko mengatakan pihaknya masih melakukan kajian terkait tender 3G yang akan digelar Mei 2012 mendatang ini.

“Indosat akan berpartisipasi di tender tersebut. Namun untuk sementara ini, kami akan mengoptimalkan resources yang dimiliki,” ujarnya pada detikINET, Selasa (6/3/2012).

Pun demikian dengan Direktur Axis Telekom Indonesia, Syakieb Sungkar. Ia mengisyaratkan, Axis akan serius bersaing dengan tiga operator lain yang juga meminati tambahan kanal 3G tersebut.

“Kami akan ikut tender juga,” kata Syakieb. Ia hanya tertawa saat ditanya kemungkinan memenangkan tender kanal tambahan yang kemungkinan besar bakal dimenangkan oleh Telkomsel. “Kan belum dibuka,” begitu katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan sudah ada dua operator seluler yang lebih dulu menyatakan minatnya, yakni Telkomsel dan XL Axiata.

Namun dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi I DPR RI, Tifatul mengaku akan lebih memprioritaskan Telkomsel yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh BUMN lewat Telkom.

Jaminan untuk mendapatkan kanal tambahan untuk Telkomsel ini jelas membuat peluang tiga operator lain semakin kecil. Meski demikian, peluang itu tetap akan dicoba.

Sumber: detikINET