PT XL Axiata Tbk (XL) mulai memasuki bisnis komputasi awan untuk mengembangkan pelayanan data. Langkah ini sekaligus sebagai edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya komputasi awan di tengah tren meledaknya kebutuhan data.

“Kami percaya bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di Indonesia,“ kata Dian Siswarini, Direktur Teknologi, Content & New Business XL, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 9 Maret 2012.  

XL mengikat kemitraan pengembangan layanan komputasi awan (cloud solution) dengan 6 mitra bisnis. Mitra itu adalah yakni Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Dian mengatakan, Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech dan Mandawani akan memberikan support di bidang Infrastructure as a Services(IaaS). Layanan mereka nantinya akan dikembangkan ke arah Platform as a Services(PaaS) maupun Software as a Services (SaaS). Sedangkan Microsoft akan fokus ke layanan Software as a Services (SaaS).

IaaS meliputi penyediaan layanan IT infrastruktur secara terintegrasi. PaaS merupakan layanan XL menyiapkan seperangkat piranti lunak bagi para pengembang dan para programmer untuk mengembangkan aplikasi, tanpa harus memikirkan platform yang harus disiapkan.

Sedangkan layanan SaaS merupakan layanan yang mana pengguna tidak perlu lagi membeli lisensi dan melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi. Layanan ini dapat dimanfaatkan langsung oleh pengguna yang melakukan pendaftaran dan akan disesuaikan dengan kebutuhan (on-demand).

Umumnya, pengguna cukup membayar biaya sesuai dengan pemakaian saja. Layanan SaaS dapat juga dinikmati oleh masyarakat umum dan tidak terbatas hanya pada pelaku bisnis.

Melalui penandatangan MoU tersebut, XL siap untuk meluncurkan layanan cloud bagi masyarakat Indonesia pada Mei 2012. Layanan ini juga terbuka bagi para pelaku bisnis dan konsumen yang belum menggunakan layanan XL.

Sumber: Vivanews