ZTE Corp., produsen ponsel terbesar kelima di dunia, berencana menghadirkan ponsel 4G mulai kuartal kedua 2012. Menurut seorang eksekutif senior perusahaan tersebut, mereka ingin meraih pangsa pasar yang lebih besar dengan memperluas jajaran produknya.

ZTE yang tengah bersaing ketat dengan Nokia, Samsung, dan Huawei menargetkan peningkatan penjualan ponsel mereka antara 30 sampai 40 persen per tahun, selama 3 tahun ke depan.

Selama paruh pertama tahun ini, perusahaan berbasis di Shenzhen, China tersebut telah memasarkan 35 juta handset. Angka ini masih sesuai dengan prediksi mereka yang menargetkan penjualan hingga 80 juta unit selama 2011. Jika tercapai, penjualan ini sekitar 30 persen lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Kami akan memasarkan ponsel 4G di negara maju terlebih dahulu. Saat ini kami tengah berbicara dengan beberapa operator di luar negeri,” kata Ding Ning, President of Handset Division ZTE, seperti dikutip dari Reuters, 23 September 2011.

4G atau generasi keempat dari standar di industri seluler merupakan penerus dari teknologi 2G dan 3G yang saat ini digunakan di sebagian besar ponsel di seluruh dunia.

Menurut data terakhir lembaga riset Gartner, saat ini posisi ZTE ada di belakang Nokia, Samsung, LG Electronics, dan Apple dengan pangsa pasar mencapai 3 persen dari seluruh pasar ponsel global.

Menurut Ding, perusahaannya meraih penjualan yang baik di pasar negara berkembang seperti di Amerika Selatan, Afrika dan Asia Tenggara. “Kami tidak terpengaruh oleh kekacauan ekonomi yang tengah terjadi di Amerika Serikat dan Eropa,” ucapnya.

Sumber: Vivanews