Semarang.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unnes (SPMU) kembali dibuka. Kali ini khusus untuk Pendidikan Bahasa Mandarin S1 dan Pendidikan Teknik Automotif S1. Pendaftaran secara onlinemelalui spmu.unnes.ac.id dibuka sejak Jumat 5 Agustus hingga 23 Agustus  2011.

Menurut Pembantu Rektor  Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin MSi, seleksi mahasiswa baru kedua program studi itu belakangan dibandingkan dengan prodi lain didasarkan pada surat mandat pembukaan program studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

“Surat mandat tersebut kami respons dengan cepat mengingat tingginya kebutuhan pendidikan untuk dua bidang studi tersebut,” katanya.

Untuk dapat mendaftar, lanjut dia, calon peserta harus berijazah SMA/SMK/MA/Kesetaraan Paket C tahun 2009, 2010, atau 2011. Selain itu, memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk belajar di Unnes, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran belajar, dan sanggup mematuhi tata tertib kehidupan kampus serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Adapun prosedur pendaftaran, calon pendaftar membuka situs http://spmu.unnes.ac.id, memilih menu Pendaftaran SPMU S1 Tahap II, kemudian mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) yang berupa 8 karakter.
Setelah itu, pendaftar mencetak PIN sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SPMU.
Pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 melalui BNI 46 di seluruh Indonesia dengan cara (1) membayar langsung melalui teller dengan menunjukkan Kartu Peserta SPMU 2011; (2) ATM; atau (3) Internet Banking.

Peserta juga harus menyiapkan file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB, kemudian mengunggah (upload) file pas foto pada saat proses cetak kartu tes. Selain itu, mencetak kartu tes yang diakses dari situs SPMU secepat-cepatnya satu hari setelah pembayaran atau selambat-lambatnya 24 Agustus 2011 pukul 23.59 WIB. Apabila tidak mencetak kartu, peserta dianggap mengundurkan diri. Kartu tes dicetak rangkap dua: untuk peserta dan panitia.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang akan diselenggarakan di Gedung B, Fakultas Bahasa dan Seni, Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang pada tanggal 8 September 2011 pukul 08:00 – 13:30 WIB. Jadwal pelaksanaan dan materi ujian tulis adalah sebagai berikut. Pukul 08.00–08.30 Penjelasan Umum; pukul 08.30–10.30 Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; pukul 11.30–13.30 Matematika, IPA, dan IPS.

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 12 September 2011 melalui situs spmu.unnes.ac.id. Sumber: Unnes.ac.id