Blog Emka

Portal tutorial linux, pemrograman sistem informasi, computer security & informasi santri Indonesia

Review

Penipuan Berkedok Penugasan Seminar Dikti

Semarang, Jika Anda menerima SMS atau telepon yang mengabarkan Anda mendapatkan tugas untuk mengikuti sebuah seminar di Jakarta, ada baiknya berwaspada. Lebih-lebih jika kabar itu dengan iming-iming Anda akan mendapatkan beberapa juta rupiah jika mengikutinya. Bisa-bisa itu tipu daya belaka.

“Yth: Risqi Sugiarti. Segera hubungi Bapak Dr. Kunto Nugroho HP, MM Kadisdik Jateng 085697799357 Perihal Seminar Gratis Dari Dikti (Dari PR.I Unnes,” begitu bunyi pesan singkat yang masuk di handphone Risqi Sugiarti, mahasiswi penerima Beasiswa Bidik Misi Angkatan 2010.

Segera saja mahasiswi semester III Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni itu menghubungi nomor yang ditulis SMS tersebut untuk melakukan konfirmasi. “Benar, Saudara terpilih sebagai peserta seminar yang diadakan Diktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Jakarta. Gratis. bahkan Saudara akan mendapatkan dana sebesar Rp 10 juta. Namun Anda harus mengirimkan nomor rekening bank terlebih dahulu,” kata si penerima telepon.

Mendapatkan keterangan itu, terbitlah rasa curiga di hati Risqi. Dia pun mencari nomor handphone Pembantu Rektor I Unnes dan menghubunginya.

“PR I tidak pernah dan tidak akan pernah memberitahukan penugasan mengikuti seminar dengan cara seperti itu. Jadi, SMS itu bohong belaka,” terang Pembantu Rektor Bidang Akademik Agus Wahyudin MSi kepada Risqi sebagaimana dituturkannya kembali kepada unnes.ac.id.

Ternyata bukan hanya Risqi seorang yang mendapatkan “kabar gembira” seperti itu. Risqi mengaku, seorang teman dekatnya sesama penerima Beasiswa Bidik Misi pun menerima kabar itu.

“Modus seperti itu biasanya akan berujung pada permintaan transfer sejumlah uang dengan dalih sebagai uang muka, biaya pendaftaran, atau alasan lain yang sejenis,” kata PR I seraya mengatakan, beberapa waktu lalu pimpinan BNI Cabang Pembantu Unnes juga mengabarkan tentang adanya beberapa dosen dan mahasiswa yang menyetor uang ke rekening tertentu yang diduga kuat sebagai korban penipuan dengan modus sejenis itu.

“Jadi, waspadalah. Kalau memang ragu, pastikan kabar itu ke Humas atau staf kami,”  ingat PR I.

Sumber: Unnes.ac.id

8 Comments

  1. Saya juga baru kemarin dapat SMS yang sama, namun bukan dari UNNES, tapi dari PEgawai TU DIKnas Blora. Isinya sama Pak Kunto Nugroho,
    bahkan lebih lanjut saya diminta hubungi Prof Supriyadi dari DIKTI….

  2. saya juga pernah mendapat berita seperti itu di bulan Juli dan saya telusuri sampai ujung2nya memang transfer dgn dalih pengaktifan rekening, cerita lengkapnya disini: http://abahgahul.wordpress.com/2011/07/18/penipuan-bermodus-seminar-gratis-dikti/

  3. nuriani handayati

    saya juga mendapat sms seperti itu.. dia mengaku sebagai PR.I UNSOED karena kebetulan saya kuliah di universitas tersebut.. bisa di lihat blogger saya..

    http://nurianihandayati.blogspot.com/2011/09/penipuan-berkedok-penugasan-seminar.html

  4. Ani

    Sy jg terima sms tsb
    Sptnya org yg krm tahu benar instansi kita
    Sy dpt kiriman an bpk harun kasisdik jatim
    Pas bener momennya sy br dtg dr tugas k luar negeri

    Disuru telpon ke prof supriyadi
    Lalu diminta no rek
    Eh tnyt dsuru ke atm

    Lgs matikan hp
    Ada ada aja modus penipuan indo
    Herannya dpt drmn no telp sampe nama dan gelar lengkap beserta instansi tmpt kerja
    Data pribadi di indo g aman nih

    Ada2 aj

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  5. muhammad sumarlin

    saya tgl 26 – 3 2012 baru dapet sms katanya saya terpilih perwakilan dari jawa barat untuk mengikuti seminar nasional dikti di nusa dua denpasar setelah itu saya harus menghubungi prof.H.wahyudin zarkasyi 085285340899 dikaseh no peserta 200/seminar nasional/09985117/dikti/2012,setelah itu sya disuruh menghubungi lg, ke prof.doktor supriadi rustam ke no 081517227449 saya disuruh kirim no rek saja untuk biaya seminar dikti di nusa dua bali,,sebesar 20 jt, setelah saya mendengar perkataanya saya curiga, makanya saya mau menanyakan kepada pihak dikti apakah betul tgl 31 maret dan 1 april ada seminar nasional didikti di nusa dua bali

  6. Faiqotul Muhimmah

    Barusan pukul 11:00 saya juga mendapat sms yang sama, katanya saya wakil dari UNESA..
    Apakah ini penipuan juga??

    • admin

      silakan cek ke UNESA bu, kemungkinan besar modus yang sama dg diatas adalah penipuan.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: