WASHINGTON – Pesawat ruang angkasa Cassini, telah melakukan pemantauan terhadap kemungkinan tanda-tanda aktivitas geologi di bulan Dion, milik Planet Saturnus. Sebelumnya, pesawat Cassini ini juga berhasil mendeteksi keberadaan gumpalan oksigen di bulan tersebut.

Menurut pemantauan pesawat ruang angkasa ini, ada fitur yang menyerupai retakan panas yang mengindikasikan aktivitas vulkanik di bulan itu. Retakan tersebut membentuk celah seperti “tiger stripe” atau corak harimau seperti di bulan milik saturnus lainnya, Enceladus yang memuntahkan air hingga ke ruang angkasa.

Pada bulan Dion, retakan yang membentuk corak harimau ini kemungkinan tidak menganggur, bukti lainnya mengungkapkan ada kegiatan yang sedang berlangsung yang mengarah kepada aktivitas geologi di bulan tersebut.

Penemuan baru ini menunjukkan bulan Dion memiliki berbagai misteri yang belum terungkap, sebagai salah satu bulan yang dinamis dari yang selama ini di duga oleh ilmuwan. Namun, para ilmuwan belum menemukan tanda-tanda pemanasan dari aktivitas geologi maupun vulkanik di dalam bulan tersebut.

“Kami melihat apa yang saya sebut dengan “palaeo-tiger stripe” (corak harimau), baik di bulan Tethys (bulan saturnus lain) dan Dion,” jelas Bonnie Buratti, peneliti dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL). Demikian dikutip BBC, Selasa (20/3/2012).

Saat ini, bulan Dion masih diteliti lebih dalam melalui misi pesawat ruang angkasa Cassini. “Kami belum mendeteksi adanya jets (dorongan yang kuat) secara jelas, seperti yang kami lihat pada bulan Enceladus. Namun, kami dalam tahap pencarian,” pungkas Spilker, dari NASA JPL.

Sepertinya tujuan kolonisasi manusia nantinya adalah bulan-bulan di Jupiter dan Saturnus :travel

Sumber: Okezone