Perusahaan penyedia mobile browser terbesar China UCWeb bersiap memasuki pasar Amerika Serikat sebagai bagian dari upayanya menjadi perusahaan internet global.

Meskipun belum terkenal di luar negeri, UCWeb kini memiliki 300 juta pelanggan peranti lunak buatannya yang dibuat untuk berbagai sistem operasi mobile seperti Android, iOS dan Symbian.

Menurut CEO UCWeb Yu Yongfu, meski sebagian besar penggunanya berasal dari dalam negeri, UCWeb bertekad untuk menjadi perusahaan internet pertama asal China yang sukses di luar negeri.

“Meskipun UCWeb adalah perusahaan yang didirikan di Cina, perusahaan kami harus mirip seperti perusahaan AS, bahwa semua produk dan bisnis kami harus ditawarkan secara global,” katanya seperti ditulis IT News.com. “Demi membuat UCWeb menjadi perusahaan internasional, maka pasar AS adalah target penting kami.”

Yu mengatakan perusahaannya sudah memiliki piranti lunak berbahasa Inggris yang siap diunduh. Pada Juni atau Juli, UCWeb berencana merilis browser mobile khusus untuk pengguna AS. Akhir tahun ini, perusahaan juga berencana mendirikan kantor di AS

Yu menolak mengungkapkan rincian produk yang akan dipasarkan di AS, tapi dia optimistis pengguna tertarik mengunduh browser perusahaannya karena lebih cepat kali, bertampilan lebih baik baik teks, gambar, maupun fitur pencarian suaranya.

Menurut Statistik StatCounter Global, untuk ekspansi usaha ke AS, UCWeb harus bersaing dengan mobile browser Google dan Apple yang saat ini mendominasi pasar AS. Sementara UC Browser sendiri hanya menguasai kurang dari satu persen pangsa pasar.

Sumber: Republika