CrossOver Linux, aplikasi berbasis Wine yang memungkinkan penggunanya untuk menginstall aplikasi Windows dan Games di komputer linux baru saja merilis versi 14.1.1 dan telah siap didownload.

CrossOver bisa dibilang merupakan versi “Pro” dari Wine yang selama ini kita kenal. Produk ini dibuat oleh perusahaan bernama “CodeWeavers” dimana para karyawannya adalah (sebagian besar) orang-orang yang juga mengembangkan Wine. 

CrossOver sendiri tidak sekedar merupakan GUI Frontend bagi Wine (seperti kebanyakan produk lain), akan tetapi juga dukungan spesifik terhadap kebutuhan sebuah aplikasi Windows yang populer. Contohnya saja Microsoft Office, CrossOver sangat menjamin aplikasi Office ini bisa berjalan sempurna. Di Wine, belum tentu, ada sejumlah trik yang harus dijalankan supaya sempurna.

Yang baru di Versi 14.1.1

CrossOver termasuk salah satu software yang tidak terlalu rajin mengeluarkan update major. Mereka terbiasa merilis produknya dalam sekumpulan rilis maintenance yang kebanyakan hanya memberikan beberapa perubahan kecil. Baik itu versi CrossOver untuk Linux dan untuk Mac OS X.

Pada versi 14.1.1 misalnya, CrossOver menambahkan satu laku barudimana pengguna bisa membuat variabel environment baru yaitu CX_DIRECT_DESKTOP yang memungkinkan pengguna menambahkan environment ke sebuah botle CrossOver tanpa harus lagi repot-repot membuat link ke botle tersebut.

Ada pula sejumlah fitur lain, silakan baca sendiri di changelog nya.