JAKARTA–Deutsche Telekom menbuat sebuah lompatan teknologi jaringan serat optik. Operator telekomunikasi Jerman ini melalui projek OSIRIS (Optically Supported UP Router Interfaces) berhasil melakukan ujicoba transfer data berkecepatan hingga 512 Gbps.

Kecepatan transfer data yang mencapai setengah terabits ini menggunakan jaringan fiber optik tunggal wavelength channel yang digelar antara Berlin-Hannover. Keberhasilan Deutshe Telekom tak urung memecahkan rekor baru.

Sebelumnya Google melakukan ujicoba serupa di Kansas, Amerika Serikat. Namun kecepatan transfer yang dihasilkan masih belum setinggi Deutsche Telekom. Google mengembangkan jaringan serat optik untuk mendukung berbagai produknya, termasuk layanan televisi digital.

Lantas apa yang bisa dilakukan dengan kecepatan transfer sebesar 512 Gbps? Banyak yang bisa dilakukan. Yang jelas keberhasilan Deutche Telecom tampaknya akan membuka babak baru bagi layanan telekomunikasi berbasis kabel yang belakangan terpuruk oleh kehadiran telepon nirkabel.

sumber: Republika