Ini loh Teknologi di Balik Smart Quran Pen, Maqamat for Kids dkk

Pernahkah sampeyan bertanya teknologi apa yang dipakai di produk-produk Al-Qolam, seperti Smart Quran dengan Pen yang bisa berbicara/bertilawah ketika diarahkan ke ayat tertentu? Atau produk terbaru mereka, Talking Maqamat untuk Anak-anak yang bisa membacakan buku Iqra dengan hanya dengan mengarahkan pen ke kalimah yang dipilih.

Sampean liat dulu video reviewnya ini (bukan Promo, tumbasen dewe nek pengen. karena mahal)

Teknologi di Balik Mushaf Maqamat / Iqra

Konsep teknologi yang dipakai dalam produk-produk diatas di dunia sering disebut dengan Talking Pen. Teknologi talking pen sendiri dibangun dari konsep ‘Machine-readable medium’ atau media yang bisa dibaca mesin. Contoh sederhana yang paling dekat dengan kita sehari-hari misalnya Barcode.

contoh Barcode

Nah, barcode dibaca oleh mesin (entah itu dengan teknologi inframerah, laser atau kamera CMOS) dan dikirimkan hasil bacanya ke mesin yang membutuhkan)

Tentunya yang dipakai oleh Smart Quran atau Talking Pen Maqamat diatas tidak sesederhana barcode dong. Yang dipakai adalah teknologi OID code (Optical ID code) yang dicetak khusus ke buku yang mereka cetak. Kode-kode OID ini bisa diperhatikan dengan tanda titik-titik aneh yang ada disekitar karakter/pointer/ayat yang ada di hamparan kertas pada buku tersebut.

Nah, menurut salah satu perusahaan asal China yang bisa membikinkan kita ‘Talking Pen’ untuk keperluan apa saja, setidaknya ada 4 bagian dari pen yang bisa bicara itu:

  1. Kamera CMOS yang akan menangkap OID Code (ibaratkan komponen ini sebagai Barcode Reader)
  2. Interpreter (penerjemah) dari hasil bacaan OID Code ke Komponen lain (misal muncul folder  X ID suara 001)
  3. MP3 Player yang mengerti terjemahan dari intepreter tadi, sehingga dia akan memutar file mp3 dari folder X dengan ID suara 001).
Gambaran jeroan dari ‘Talking Pen’

Kalau mau pada bikin (ikut-ikutan Al-Qolam) silakan kontak langsung perusahaanya di China. Baca referensi tentang teknologi OID mereka disini.

Di Jerman, ada yang sudah bikin cara untuk menambah dan mencetak sendiri OID Code untuk produk mirip bikinan Al-Qolam, namanya pen ‘Tip Toi’. Toolnya sendiri hasil oprek-oprek banyak orang yang utak-atik Tip-toi, bisa dilihat disini: https://github.com/entropia/tip-toi-reveng

Alternatif Quismeen?

Untuk alternatif untuk sobat Qismeen dari puplen pintar diatas, bisa pasangkan Barcode Reader kecil dan baca hasilnya lalu proses dengan memutarkan file MP3 yang sesuai. Cukup dengan Barcode Reader dan Arduino atau Raspberry Pi Zero 😀

Contoh barcode reader kecil: 

Untuk alternatif lainnya, manual mawon Guru Ngaji masih banyak 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: