Klonengan dari Raspberry Pi memang sudah banyak, ada banana-pi, orange-pi, blueberry dll. Kali ini hadir lagi satu devais klonengan raspberry pi yang mencoba peruntungan, namanya Lemon Pi.

Lemon Pi adalah produk yang saat ini sedang dikampanyekan lewat platform Indiegogo, sebuah platform untuk crowdsourcing (pendanaan gotong-royong online). Lemon Pi sendiri dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan asal China, EMBEDSTUDIO.

Secara kasat mata dari foto-foto yang disajikan, tampilan Lemon Pi memang mirip dengan Raspberry Pi 2. Namun, ada perbedaan mencolok ketika kita melihat spesifikasi dari devais klonengan ini gan.

Lemon Pi dipersenjatai dengan prosesor Quad-core ARM A9r4 S500, GPU PowerVR SGX544 yang mendukung OpenGL, OpenCL dan OpenVG. Selain itu, Lemon Pi juga didukung dengan RAM 1GB DDR3, punya slot HDMI 1.4, dan punya slot micro SD.

Urusan konekvitas, Lemon Pi juga cukup lengkap. Ada 1 port ethernet 10/100M RJ45, 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.0 dengan kemampuan OTG, 40 pin header yang kompatibel dengan milik raspberry pi, penerima inframerah, tombol reset dan tombol On/Off.

Harga dari Lemon Pi sendiri masih belum jelas pasca kampanye crowdsourcing di Indiegogo. Di Indiegogo, kita bisa membeli Lemon Pi seharga 30 Dollar (sekitar 400 ribuan).

Foto-foto Lemon Pi

Video Promosi dari Lemon Pi bisa kita tonton dari Youtube disini: