Blog Emka

Portal tutorial linux, pemrograman sistem informasi, computer security & informasi santri Indonesia

Embedded

Raspberry Pi 2 Akhirnya Dirilis!

Raspberry Pi 2 adalah komputer PC mini yang dikeluarkan oleh Raspberry Pi Foundation asal Inggris. Hardware mungil ini adalah seri ke 2 dari produk serupa yang telah mereka rilis. RPi selama ini dikenal sebagai salah satu pioner dibidang pendidikan karena kehadiran hardware yang murah meriah dari mereka mampu merangsang dunia pendidikan (khususnya pendidikan berbasis TIK) menjadi lebih bergairah karena tidak perlu lagi risau akan kebutuhan hardware yang besar.

Ebben Upton, CEO Raspberry Pi Foundation mengumumkan bahwa Raspberry Pi 2 ini tetap akan dijual dengan harga 35 dollar saja. Walaupun dengan harga yang sama dengan versi B+ (yang baru saja dijual beberapa bulan yang lalu), namun RPi 2 ini mengalami pembaruan hardware yang lumayan seperti:

  • penggunaan prosesor Quadcore ARMv7 dengan clock 900MHz
  • penggunaan RAM 1GB
  • 4 port USB

Selain pembaruan hardware tersebut, dengan dihadirkannya prosesor dengan arsitektur armv7, maka ketersediaan OS untuk RPi 2 akan menjadi lebih luas. Untuk RPi 1 kita hanya bisa mendapati beberapa OS berbasis Linux yang mempunyai porting ke armv6. Untuk arsitektur armv7, tidak hanya beragam distro linux yang bisa kita nikmati, tapi juga Windows 10 !

raspberry-pi-2

Bentuk dasar dari RPi2 ini masih sama dan kompatibel baik bentuk dan case dengan raspberry pi 1. Jadi jangan khawatir…

Tertarik ingin membelinya? Silakan kunjungi laman Element14ย dan RS Component .

2 Comments

  1. senangnya dengan rilisnya raspberry pi 2 ini di indonesia ๐Ÿ˜€ jadi hobbyist indonesia bisa semakin berkarya ๐Ÿ˜€ btw kalo sedang mencari raspberry pi 2 silahkan berkunjung yah ke jual raspberry pi 2 ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: