Fitur Live Chat di sebuah Website maupun Sistem Informasi memang mempunyai efek yang luar biasa. Dengan Live Chat, pengguna dapat bertanya langsung ke Customer Support untuk dibantu. Banyak solusi yang bisa digunakan, dari membangun sendiri platform Live Chat yang terintegrasi dengan sistem ataupun menggunakan platform yang sudah mature dan tinggal menggunakan API yang disediakan.

Di dunia CRM, khususnya Live Chat, tampaknya ada 2 pemain besar yang sampai saat ini mendominasi. Mereka adalah Zendesk dan Zopim. Harganya bukan main untuk sebuah startup ataupun website pemula, sekitar 10-15 dollar per bulan untuk operator lebih dari satu.

Nah, mungkin bagi anda yang tidak ingin membayar terlalu mahal dan mendapatkan alternatif dari dua CRM diatas, silakan gunakan Tawk.to

Kompetitor Baru, 100% Free

Tawk.to memang masih dalam fase yang dini. Sebagai solusi customer ticketing system, umurnya masih belum satu tahun. Namun solusi yang ditawarkan luar biasa, dan berpotensi membuat peta bisnis solusi CRM akan berubah drastis.

Startup dengan jumlah agent (operator CRM) lebih dari 150.000 ini menggebrak. Kita ditawari aplikasi untuk Windows, iOS dan Android. Pun, kita bisa menggunakan Javascript API jika memang membutuhkan integrasi menyeluruh ke sistem yang sudah ada.

Apa saja sih fitur yang ditawarkan? Ini dia:

  • Custom Widget, dimana kita diberi fasilitas untuk membuat widget Live Chat dengan kustomasi warna, kata-kata dan tata letak.
  • History Chat,
  • Trigger Otomatis, sangat berguna jika menginkan integrasi lebih lanjut dimana jika ada suatu event di Tawk akan mentrigger ke sistem kita
  • Multiple Agent, meskipun free, jumlah operator (agent) yang dibolehkan oleh Tawk adalah unlimited.

Penasaran? silakan coba signup ke http://tawk.to.