Bisa dibilang, salah satu pekerjaan berat pengelolaan website adalah membuat sebuah website ramai dikunjungi, banyak pembaca yang mengunjungi ulang website dan mempromosikan website ke koleganya.

Nah, berikut adalah tips untuk membuat website banyak dikunjungi orang.

Artikel Bermutu & Banyak Dicari

Artikel bermutu, artinya artikel yang singkat dan menjawab pertanyaan/curiosity orang yang membaca website dari link yang mereka temukan. Tidak sekedar terjebak pada judul yang bombastis dan menarik di klik (clickbait). Kombinasi yang bagus adalah artikel yang judulnya menarik di klik, konten artikelnya bermutu, dan banyak dicari.

Faktor banyak dicari ini penting. Idealisme menulis konten terbaik tapi hanya anda saja yang berminat pada topik tersebut, akan jadi percuma.

SEO (Search Engine Optimation)

SEO artinya mengoptimalkan hasil pencarian dari mesin pencari (Google, misalnya). Contohnya, topik tentang e-Commerce. Jika anda hanya menulis sejarah ecommerce dengan judul sejarah ecommerce, kemungkinan optimasi SEOnya rendah, bandingkan dengan judul (misalnya) 5 Info Yang tidak kamu tahu tentang E-Commerce, Fakta E-Commerce dll.

Saat ini karena SEO dipandang cukup penting, jasa dan pegiat jasanya mudah ditemui. Baik yang masih memberi gratisan atau berbayar.

Website Yang Cepat/Ringan Dimuat

Ringan dimuat (loading) sangat penting, dengan waktu loading website yang singkat, pengguna tidak akan lari ke website lain yang dia dapat dari Google atau Share Media Sosial.

Membagikan Konten ke Media Sosial

Ya, membagikan tulisan/link ke media sosial saat ini sangat perlu. Bila perlu, sebagai pemicu, gunakan 1-2 akun yang digunakan untuk menjaring pembaca. Mengikuti dan membagikan di forum-forum Facebook ataupun WhatsApp bisa sangat membantu mendatangkan trafik website. Apalagi jika tulisan anda menarik dan bermutu.