Beberapa bulan yang lalu, JetBrains merilis satu produk alpha mereka yang diklaim sebagai IDE Go Lang terbaik yang akan pernah ada. Dibangun dari basis InteliJ platform yang mereka punya, software dengan codename Gogland pun segera mendapat tempat tersendiri di kalangan enthusiast Go lang.

Pada tanggal 30 November 2017, akhirnya secara resmi JetBrains merilis GoLand IDE Go lang pertama dari JetBrains. Sudah bisa dibeli dan didownload dari laman resmi mereka https://www.jetbrains.com/go/

GoLand versi 2017.3 ini mengusung fitur-fitur yang hampir sama dengan saudara tua mereka, produk-produk IDE dari JetBrains. Pengalaman penggunaannya, mirip ketika menggunakan PyCharm untuk Python, ataupun Intellij IDEA untuk JAVA.

GoLand sudah punya test runner, test coverage dan debugger khusus Go. Terintegrasi dengan Git, Docker, database, terminal dan fitur pernik-pernik lain yang mendukung pekerjaan sehari-hari kita. Di versi 2017.3 ini, GoLand secara resmi juga mendukung front-end development menggunakan Javascript, Typescript, React, Vue, Angular dan teknologi front-end lain yang sedang populer.

Tampilan IDE GoLand, courtesy: JetBrains.com

Berapa Harganya gan?

Hehe, GoLand ini masih jadi trialware selama 30 hari. Dan dijual bersama dengan saudara-saudara IDE dari JetBrains yang lainnya. Ada paket menarik yang bisa dibayar secara bulanan (monthly) atau lisensi perpetual (tahunan). Harganya 249 dollar untuk semua produk. Kalau untuk GoLand sendiri sekitar 89 dollar saat ini untuk tahun pertama, dan 53 dollar untuk 3 tahun.

Mahal? Relatip (pake P).

Silakan pakai lisensi Education yang boleh download dan pake gratis GoLand, JIKA HANYA JIKA sampeyan masih mahasiswa (biasanya minta email .edu atau .ac.xx)

Silakan cek laman web mereka disini: https://www.jetbrains.com/go/