Laravel adalah framework PHP yang dikembangkan pertama kali oleh Taylor Otwell. Walaupun termasuk pemain baru, namun komunitas pengguna laravel sudah berkembang pesat dan mampu menjadi alternatif utama dari sejumalh framework besar seperti CodeIgniter & Yii. Laravel oleh para developer disetarakan dengan CodeIgniter dan FuelPHP namun memiliki keunikan tersendiri dari sisi coding yang lebih ekspresif dan elegan.

Keunggulan Laravel daripada framework lain antara lain:
– Coding yang simple
– Tersedia generator yang canggih dan memudahkan, Artisan CLI
– Fitur Schema Builder untuk berbagai database,
– Fitur Migration & Seeding untuk berbagai database,
– Fitur Query Builder yang keren,
– Eloquent ORM yang luar biasa,
– Fitur pembuatan package dan bundle,

iklan Laravel

Laravel untuk pertama kali dikembangkan sendiri oleh Taylor Otwell. Namun, sampai versi ke-4 sekarang, framework opensource ini dikembangkan bersama oleh komunitas dengan tokoh-tokoh penting selain Otwell adalah Dayle Rees, Shawn McCool (pembaca Nettuts pasti hafal orang ini), Jeffrey Way, Jason Lewis, Ben Corlett, Franz Liedke, Dries Vints, Mior Muhammad Zaki dan Phil Sturgeon. Mereka adalah kontributor sejumlah framework dan library PHP yang luar biasa.

Logo Laravel

laravel-logo-big

Lebih Lengkap

Lebih lengkap tentang framework ini silakan buka official webnya di http://laravel.com. Atau pantau web ini untuk tutorial selengkapnya.