Blog Emka

Portal tutorial linux, pemrograman sistem informasi, computer security & informasi santri Indonesia

Tutorial Laravel

Yang Baru di Laravel 5.1 Nanti

Laravel 5.1 dijadwalkan dirilis bulan Mei ini gan. Dia akan datang dengan banyak fitur baru. Beberapa fitur penting dan perubahan-perubahan penting yang akan kita temui pada Laravel 5.1 antara lain

1. Rilis LTS

Secara resmi, Laravel 5.1 nanti akan menjadi versi Laravel yang didukung sangat lama, seperti konsep LTS-nya Ubuntu. Sampai saat ini masih belum ada patokan waktu yang jelas seberapa lama konsep LTS dari Laravel nanti, apakah 2 tahunan seperti Symfony atau 3 tahunan. Ditunggu saja pada saat rilis 5.1 nanti.

2. Folder Command, Diganti Menjadi Jobs

Ya, lagi-lagi ganti nama folder. Folder Command akan diganti menjadi Jobs untuk mengindikasikan bahwa apa yang ada didalamnya adalah pekerjaan-pekerjaan penting yang antri dieksekusi. Tenang, penggantian folder ini tidak berpengaruh besar terhadap compatibility dari versi 5.0 kog.

3. Standar PSR-2

Laravel App dan Laravel Generator akan berpindah ke PSR-2. Jangan kaget jika mendapati indent di Laravel nanti sudah bukan tab lagi, tapi spasi.

4. Resolve Service dari Blade

Sekarang kita bisa melakukan injeksi service ke Blade template.

5. Envoy Tidak butuh SSH Lokal lagi

Fitur Envoy tidak lagi membutuhkan akses SSH secara lokal lagi untuk dapat digunakan.

6. Parameter untuk Middleware

7. Fitur Broadcasting

Bayangkan jika kita ingin menyebar informasi sejumlah event dari sistem ke Javascript, soket atau jalan lain. Dengan Laravel 5.1, kita bisa melakukannya dengan Broadcasting.

8. Exception CSRF untuk service sehingga tidak perlu lewat middleware CSRF.

1 Comment

  1. Jangan lupa, banyak tambahan di testing.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: