Pernah dalam situasi seperti ini? Sedang di ruang server, butuh browsing referensi untuk troubleshoting sejumlah masalah dan hanya koneksi internet diserver yang nyambung? Pada kondisi seperti itu, mengakses laman online dengan browser yang berjalan di command line terminal/konsole adalah sebuah alternatif bagus.

Atau kita bisa browsing-browsing lancar dan hemat kuota internet karena hanya load textnya saja.

Nah, mungkin banyak diantara kita yang sudah kenal beberapa browser yang berjalan di command line, seperti w3mlynx dan bahkan wget. Ok, disini kita akan ulas 2 lagi browser alternatif dari w3m dan lynx. Setidaknya ketiganya tersedia dibanyak repositori software di distro masing-masing.

Links2

Links2 adalah versi penyempurnaan dari software lama, Links. Versi terbarunya bahkan menyediakan opsi untuk browsing dalam mode text-only atau grapichal. Untuk menjalan dalam mode grafis, cukup jalankan links2 dengan opsi -g (contoh: links2 -g).

Pada debian/ubuntu bisa diinstall dengan perintah sudo apt-get install links2. Untuk Fedora bisa gunakan perintah dnf install links2. Atau untuk openSUSE bisa install dengan perintah zypper in links2.

Elinks

yang kedua, masih juga turunan dari software Links, namanya Elinks. Salah satu keunggulan Elinks dibanding browser lain adalah kemampuan untuk membaca tabel dan frame. Selain itu, kita juga bisa menggunakan navigasi klik link dengan mouse. Bahkan jika ada gambar pada satu halaman web, kita bisa klik dan Elinks akan menampilkan gambar tersebut via aplikasi GraphicMagick/ImageMagick.

Salah satu kelemahan utamanya, sedikit sekali mendukung script javascript.

Pada debian/ubuntu bisa diinstall dengan perintah sudo apt-get install elinks. Untuk Fedora bisa gunakan perintah dnf install elinks. Atau untuk openSUSE bisa install dengan perintah zypper in elinks.