Armitage adalah software berbasis GUI yang menjadi panel manajemen cyber attack yang menggunakan Metasploit Project, dimana fitur utamanya adalah membuat visualisasi target dan rekomendasi exploit yang mungkin bisa dipakai.

Screen Shot 2016-06-18 at 9.11.06 PM

Armitage sendiri dilepas secara gratis dan dikembangkan sebagai project open-source oleh om Raphael Mudge. Tool ini bahkan disebut-sebut sebagai tool wajib untuk skenario red team collaboration karena bisa melakukan sharing session, sharing data dan jalur komunikasi lewat Metasploit.

Skenario manajemen cyber attack dengan Armitage

Tool ini sebenarnya bisa berjalan secara cross-platform karena ditulis dengan bahasa JAVA, namun secara resmi mereka hanya mendukung Linux dan Mac OS. Untuk pengguna Windows, hanya client dari Armitage yang bisa digunakan.

Requirement

Untuk bisa menggunakan Armitage, setidaknya requirement yang dibutuhkan adalah ada Metasploit Framework dan dependensinya seperti PostgreSQL dan Nmap, kemudian ada JAVA setidaknya versi 1.7 ke atas.

Jika tidak mau kesulitan menyiapkan kebutuhan diatas, bisa pakai cara sederhana seperti langsung menggunakan distro pen-test seperti Kali Linux atau Pentoo. Cara kedua bisa menggunakan script Installer MSF yang dibuat oleh DarkOperator, atau menggunakan official installer dari Armitage itu sendiri.

Mencoba Armitage di Kali Linux

Karena Kali Linux sudah menghadirkan Metasploit Framework dan dependensinya secara default, itu artinya kita bisa memasang dan menggunakan Armitage dengan mudah.

Langkah setup nya seperti ini:

  • Buka terminal/console
  • Start postgresql dengan perintah service postgresql start
  • Inisialisasi database metasploit dengan service metasploit start
  • Stop daemon metasploit dengan service metasploit stop
  • kemudian install Armitage dengan perintah: apt-get update; apt-get install armitage
  • Update environment Java ke Java 1.7, dengan perintah update-java-alternatives –jre -s java-1.7.0-openjdk-i386 atau update-java-alternatives –jre -s java-1.7.0-openjdk-amd64

kemudian untuk memulainya bisa dengan membuka terminal, kemudian start PostgreSQL dengan perintah service postgresql start dan run Armitage.

Untuk penggunaannya sendiri, silakan cermati video berikut:

Referensi: