Berikut adalah 4 tools yang bisa mengukur kinerja performance server SQL yang kita punya. Baik melakukan tuning atau sekedar melakukan monitoring. Hampir semuanya sudah tersedia secara bebas di repositori linux server pada umumnya, meskipun ada yang masih harus di install secara manual.

1. Tuning-primer

Tuning-primer adalah tools untuk melakukan tuning server MySQL berupa file Bash script. Bisa digunakan untuk MySQL versi 5.5 ke atas. Silakan download dan jalankan saja sebagaimana script Bash pada umumnya.

wget https://github.com/RootService/tuning-primer/blob/master/tuning-primer.sh
chmod +x tuning-primer.sh


2. MySQLTuner

Untuk MySQLTuner sendiri adalah salah satu tools tuning MySQL yang ditulis menggunakan Perl. Salah satu keunggulannya adalah memberikan informasi dan rekomendasi terkait apa saja yang sebaiknya dilakukan. Kebanyakan rekomendasi yang disampaikan adalah mengoptimalkan file my.cnf.

Cara download/install/run:

wget http://mysqltuner.com/mysqltuner.pl
chmod +x mysqltuner.pl
./mysqltuner.pl --help

3. MyTop

Tool mytop sendiri adalah salah satu tools monitoring server MySQL yang sederhana namun sangat berguna. Pada dasarnya, mytop ini adalah versi lain dari perintah top atau htop namun menampikan process list dan status dari server MySQL.

Mytop sendiri sudah tersedia di hampir semua repositori Linux. Tinggal lakukan apt install mytop atau yum install mytop.

dan yang terakhir

4. SQLBenchmarkPro

Ini salah satu layanan monitoring MySQL berbasis Cloud untuk usaha kecil dan menengah. Di tiap server MySQL yang akan dimonitor, harus dipasang agent/daemon dari SQLBenchmarkPro dan hasil monitoringnya bisa dipantau secara live lewat layanan cloud mereka yang gratis itu.

Silakan cek sendiri fitur dan harganya di http://www.mydba.com/sqlbenchmarkpro/