Blog Emka

Portal linux, pemrograman sistem informasi, computer security & santri

Tutorial PHP

Tutorial PHP: Membuat Client Twitter dengan Dabr

Pendahuluan

Twitter sebagai salah satu jejaring sosial raksasa didunia, memberikan akses yang luas kepada para penggunanya. Salah satu kunci suksesnya twitter adalah banyaknya jenis twitter client yang tersedia. Dari twitter client yang bawaan asli (www.twitter.com) sampai buatan para vendor handphone, tablet, PC, dan web-based. Dengan banyaknya varian client itulah, pengguna lebih mudah bercuap-cuap dan berinteraksi via twitter.

Untuk memudahkan pengembang aplikasi client untuk twitter, pihak pengembang Twitter menyediakan sejumlah API yang dapat digunakan cuma-cuma dengan lisensi dan peraturan tersendiri. API Twitter ini selanjutnya oleh para pengembang aplikasi dapat dibenamkan pada aplikasi buatannya, entah itu berbasis bahasa pemrograman apapun atau pada platform perangkat keras apapun.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana cara pembuatan client Twitter berbasis web. Kenapa berbasis web? karena dengan basis ini, kita bisa menciptakan layanan kreatif bertwitter tanpa terjebak pada fitur-fitur web twitter yang ada, misalnya fitur retweet penuh, retweet murni, pencarian hastagh, penelusuran lokasi dll. Dengan basis web, kita juga diuntungkan karena aplikasi buatan kita akan dapat dinikmati dengan mudah oleh berbagai macam pengguna, mulai dari yang berbasis browser WAP bawaan handphone, Opera Mini, Bolt, UCWeb, Blackberry, iPhone, iPad dll. Basis web juga memungkinkan kita memiliki kekuasaan penuh mengenai pengelolaan fitur dan server, karena yang memegang dan mengembangkan adalah kita sendiri.

Salah satu client twitter berbasis web yang cukup populer di eropa/inggris raya saat ini adalah dabr.co.uk. Dabr sendiri dikembangkan berbasis aplikasi open source dengan nama yang sama di lumbung open source milik google. Silakan kunjungi halaman pengembangannya di http://code.google.com/p/dabr/. Adapun fitur yang telah didukung oleh Dabr ini antara lain:

  • murni berbasis web,
  • themes aplikasi yang dapat diatur dan secara default disesuaikan dengan browser,
  • themes berbasis CSS,
  • mendukung enkripsi cookie,
  • mendukung penggunaan API pemendek URL bit.ly,
  • mendukung penggunaan API dari SlideShare
  • mendukung penggunaaan API dari Flickr
  • mendukung penggunaan API dari Twitpic,
  • mendukung pemendekan URL secara otomatis dan dapat diatur,
  • mendukung penyimpanan user login details dengan basis data MySQL sendiri,
  • mendukung penggunaan Google Analytics

Alat dan Bahan

  • Server Apache, PHP, MySQL. disarankan berada di hosting web, sehingga dapat diakses siapapun via http.
  • Sourcecode Dabr (http://code.google.com/p/dabr/)
  • Editor PHP
  • Browser web (baik desktop maupun handset)

Cara Pembuatan

Ada beberapa tahapan pembuatan client twitter berbasis web ini.

  1. upload seluruh source code dari dabr ke web server anda via FTP atau apapun,
  2. edit file konfigurasi config.php dengan berkonsentrasi pada bagian ENCRYPTION_KEY, OAUTH_CONSUMER_KEY dan OAUTH_CONSUMER_SECRET. Untuk memperoleh OAUTH tersebut silakan kunjungi login dengan username dan password Twitter anda, kemudian ikuti petunjuk yang ada dan isi seluruh form yang ada semisal Judul Aplikasi, Nama organisasi, alamat webnya dll. Jika sukses anda akan mendapatkan OAUTH_CONSUMER_KEY dan OAUTH_CONSUMER_SECRET
  3. simpan file config.php yang telah diedit tersebut
  4. login ke halaman aplikasi anda dengan mengklik tombol Sign In With Twitter

Contoh aplikasi yang sudah saya install pada server milik saya ada di http://nyocot.emka.web.id/. Dengan client tersebut, semua twit saya akan dikirim from Nyocot, punya branding sendiri dan sama saja seperti UberSocial, TweetDeck dll. Untuk tutorial lanjutan seperti integrasi client ini dengan twitpic, bitly, flickr, dan pengolahan basis data MySQLnya, silakan tunggu kelanjutannya di blog ini.

Screenshoot:

Selamat berkreasi!

Comments are Closed

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: