Pada seri tutorial kali ini, kita akan membuat platform e-commerce kecil-kecilan, seperti display product, add to cart, penghitungan cart, dan pembayaran dengan menggunakan tool-tool modern namun sederhana dan mudah dipelajari.

Kali ini kita akan menggunakan framework Slim dan komponen Database dari Illuminate (sama seperti milik Laravel).

Untuk memulai mengikuti tutorial ini, setidaknya panjenengan semua sudah sedikit tahu tentang OOP Framework, PSR Autoloading, Composer dkk.

Tahap 1 Instalasi Vendor

Seperti dijelaskan diatas, kita akan menggunakan Slim dan beberapa komponen kecil lain untuk membangun project ini. Semuanya akan dikumpulkan dan diinstall oleh Composer sebagai vendor.

Silakan install dulu Slim Framework  dengan perintah composer require slim/slim “^3.0” dimana kita akan menginstall Slim Framework versi 3.

1__emka_134____documents_sisteminformasi_biz_cart__zsh_

kemudian untuk rendering view dan template kita akan pakai Twig. Jadi install saja dengan perintah composer require slim/twig-view

1__emka_134____documents_sisteminformasi_biz_cart__zsh_-2

Kemudian keperluan routing dan controller, kita butuh Dependency Injection yang mudah diimplementasikan. Jadi pakai saja dari PHP-DI. Install dengan perintah composer require php-di/slim-brigde

1__emka_134____documents_sisteminformasi_biz_cart__zsh_-3

dan untuk ORM dan manipulasi database, kita akan pakai Illuminate Database. Install dengan perintah composer require illuminate/database.

1__emka_134____documents_sisteminformasi_biz_cart__zsh_-4

Tahap ke 2 Autoloading Everything

Untuk lebih smooth memanfaatkan semua vendor diatas, kita butuh autoload PSR berjalan di project ini, jadi edit saja file composer.json dan tambahkan baris autoload.

composer_json_-_cart

Kemudian update autoload methodnya dengan composer: composer dump-autoload -o

Sehingga kita punya namespace Cart\ nanti. Dan silakan bikin folder app karena disanalah nanti seluruh script dari project ini akan kita buat.