Tidak dapat dipungkiri, Oracle DB sampai saat ini masih menjadi salah satu solusi database enterprise. Untuk developer pemula, khususnya yang masih menggunakan XAMPP dan Windows, tutorial berikut mungkin berguna bagi kamu sekalian yang ingin menginstall Ekstensi Oracle DB untuk PHP.

Untuk memastikan tidak salah download ekstensi PHP yang cocok, silakan jalankan XAMPP dulu. Dan buka halaman dashboard XAMPP/Versi PHP. Perhatikan item dalam kotak merah berikut:

Jadi, arsitektur komputer yang saya contohkan adalah X86 dengan Thread Safety. Maka, cari dan download ekstensi PHP juga yang x86 dan enabled TS (Thread Safety).

Download ekstensi Oracle DB untuk PHP x86 dari PECL https://pecl.php.net/package/oci8. Pilih yang sesuai dengan konfigurasi komputer dan versi PHP yang dipakai.

Kemudian ekstrak file DLL hasil download dari link diatas ke folder ekstensi PHP, misalnya D:\xampp\php\ext. Kita akan menggunakan file php_oci8_12c.dll yang baru dari folder ekstensi tersebut. Jadi edit dulu file php.ini yang digunakan XAMPP. Biasanya letaknya di D:\xampp\php\php.ini. Edit saja dengan notepad

Kemudian tulis:

extension=oci8_12c

sehingga ekstensi PHP oci8_12c dipakai oleh XAMPP.

Langkah Kedua

Untuk memastikan PHP bisa berkomunikasi dengan database Oracle, silakan install Basic Client Package Oracle yang bisa didownload dari sini: http://www.oracle.com/technetwork/database/database-technologies/instant-client/downloads/index.html

Ekstrak file dari hasil download tersebut, misalnya hasilnya jadi folder di D:\oracle\instantclient_12_2.

Setelah itu tambah entri PATH di sistem windows, caranya klik kanan My Computer di Explorer. Pilih System -> Advanced System Settings -> Advanced -> Environment Variables -> System Variables. Pilih PATH. Tambahkan path ke folder instant_client diatas.

Sampai dilangkah ini, restart XAMPP dan buka kembali versi PHP. Harusnya Oracle DB sudah ada di salah satu entri phpinfo.

Fahimtum?