Adanya editor bawaan WordPress untuk themes dan plugin memang cukup membantu untuk debugging yang buru-buru. Namun, editor built-in WordPress dari tahun ke tahun begitu saja, tidak pernah dikembangkan lebih serius lagi.

Nah, berikut adalah tutorial memperkaya editor bawaan wordpress dengan plugin-plugin yang membuat tampilannya layaknya IDE di desktop kita. Berikut adalah plugin-plugin yang bisa kita pakai:

1. WPide

WPide akan membuat sendiri menu sendiri di dashboard, sehingga tidak mengganggu editor built in WordPress untuk theme dan plugin itu. Dengan WPide kita bisa menikmati pengalaman layaknya menggunakan IDE Ace dalam balutan UI WordPress, dengan sasaran editing yang tidak hanya theme dan plugin, namun semua file.

Silakan pasang dan lihat fitur lengkapnya di websitenya: https://wordpress.org/plugins/wpide/

  1. WPEditor

Berbeda dengan WPide, WPEditor justru benar-benar memperkaya tampilan editor WordPress, baik itu untuk editor themes, plugin maupun post/page. Dengan begitu, ketika mengetik post/page dalam mode HTML, kita mendapatkan pengalaman menggunakan IDE seperti di desktop.

Lihat info lengkapnya di web berikut: https://wordpress.org/plugins/wp-editor/

Nah, demikianlah tutorial memperkaya editor bawaan wordpress, sehingga mampu memberikan pengalaman editing berbeda. semoga membantu