Pendapat pakar telematika Partai Demokrat Roy Suryo bahwa ada jinggle Sari Roti di telewicara Nazaruddin di Metro TV (19/7) yang diyakininya berasal dari ringtone Sari Roti di BBM milik buronan interpol 188 negara itu dipatahkan pakar sound engineer Yogi Natakusuma.

Yogi menjelaskan akibat adanya noise reduction broadcast yang kemungkinan membuat nada jinggle itu terasa berbeda ketika terdengar pemirsa Metro TV. “Kesimpulannya saya ragu itu jinggle Sari Roti pada BBM Nazaruddin seperti yang diyakini Roy Suryo,” tandas Yogi Natakusuma kepada PedomanNEWS.com, Kamis, (21/7).

Lebih lanjut, ia menuturkan kemungkinan besar suara tersebut berasal dari tipe speaker yang sama dengan yang biasa dipakai untuk memainkan jinggle itu di gerobak Sari Roti.

“Jadi bagaimana caranya Roy Suryo bisa nyimpulin itu ringtone? ” Sergahnya meragukan Roy Suryo.

Yogi menambahkan dalam telewicara tersebut ada dua hal yang diangkut oleh sinyal telepon, yaitu noise dan signal, untuk mendapatkan signal-to-noise-ratio (SNR) yang baik biasanya digunakan noise reduction. Menurut Yogi, ini praktek yang jamak dalam broadcasting.

“Kebetulan yang dianggap signal adalah suara Nazaruddin. Seringkali penyetelan noise tresholdnya itu otomatis, jadi ada beberapa sinyal noise dari jinggle misteri itu ke relay sampe TV. Ini gak bisa dihindarkan dan selama sinyalnya masih nyampe ke pemirsa, noise yang kecil bisa di acuhkan,” tandasnya.

Berikut ini hasil analisa pakar sound engineer misteri jinggle Sari Roti yang sudah dipertegas (http://bit.ly/oFfPxr) bandingkan dengan yang ini (http://bit.ly/pNPOrP).

Kata Yogi Natakusuma, “Perhatikan baik-baik, walaupun kedua jinggle tersebut pada frequensi yang mirip-mirip. Tapi sesungguhnya susunan nadanya rada beda.’ Sumber: PedomanNews