Developer Debian memutuskan beberapa bulan yang lalu bahwa mereka akan menggunakan Xfce sebagai desktop defaultnya ketimbang GNOME. Namun, mereka tidak akan membatasi gerak user dan fans GNOME di repositori, walaupun tidak dijamin kemutakhiran repo GNOME yang ditawarkan nanti.

Pertarungan Xfce dan GNOME dimulai beberapa bulan yang lalu sampai berujung pada keputusan tersebut. Bahkan sampai saat ini, beberapa tokoh vokal Debian yang masih tidak setuju dengan keputusan itupun masih bersuara, walaupun kalah daya karena jumlahnya menurun.

Tampaknya kevokalan beberapa tokoh tersebut juga diikuti dengan langkah maju mendatangkan versi GNOME stabil terbaru ke repo Debian Testing. Kini GNOME 3.14 sudah tersedia secara resmi dan berkesempatan masuk sebagai salah satu paket yang bisa hadir di Debian 8.

Namun demikian, ketersediaan GNOME 3.14 ini belum tentu diikuti dengan kualitas paket yang ‘baik’ menurut standard Debian. Belum jelas waktu sampai kapan kumpulan besar paket GNOME 3.14 tersebut akan masuk dalam kategori layak menurut Debian dan bisa ikut di repo Debian 8.

Mungkin jawabannya adalah Waktu…. 🙂