Pesawat Lion Air JT-263 rute Balikpapan-Surabaya yang keluar dari landasan pacu Bandara Internasional Juanda telah dipindahkan. Aktivitas penerbangan di Bandara Juanda pun kembali dibuka.

Haruman, manajer Operasional Bandara Internasional Juanda Surabaya menerangkan, pesawat berisi 215 penumpang itu sudah dipindahkan pada pukul 12.40 WIB tadi siang dan dipindah ke hanggar TNI AL.

Semua penumpang selamat dan dievakuasi di terminal kedatangan domestik Bandara Juanda.

Seperti yang dilansir sejumlah media, kondisi cuaca di Bandara Juanda tengah hujan deras sehingga mengganggu pendaratan beberapa pesawat. Bahkan laporan dari pilot Lion Air, jarak pandang saat itu hanya lima kilometer. Pilot dan ATC memutuskan untuk mencoba melakukan pendaratan namun akhirnya roda pesawat terperosok sekitar satu meter dan menancap ke tanah, tapi tidak sampai patah akibat landasan pacu yang terlalu basah.

Sejumlah penerbangan menuju ke Bandara Juanda dialihkan ke Bandara Ngurah Rai Bali, diantaranya Citilink dengan nomor penerbangan QG876 dari Pontianak, QG671 dari Manado, dan QG920 dari Batam. Selain itu juga penerbangan Lion Air nomor JT588 dari Jakarta, pesawat JT982 dari Kualanamu Medan, serta JT807 dari Makassar, serta AirAsia Xtra XT393 dari Johor Baru, Malaysia.