Pernah mendengar cerita, bahwasanya banyak khazanah keilmuan matematika yang dewasa ini kita nikmati ternyata sebagian besar dibangun oleh intelektual muslim abad pertengahan? Penasaran bagaimana sejarah penemuan, bagaimana aplikasi matematika di kalangan intelektual muslim untuk memecahkan masalah di masa lalu. Maka, buku “Episodes in the Mathematics of Medieval Islam” karya Prof Berggren ini cocok sampeyan pelajari.

Sedari awal, kita dibawa pada cerita bagaimana Islam menyerap ilmu pengetahuan asing khususnya dari Yunani dan Romawi. Bagaimana genjarnya ilmuwan islam pada waktu itu menerjemahkan karya-karya Yunani dan Romawi serta menjadikannya referensi diskusi dan penemuan-penemuan teori baru. 

Secara umum buku setebal 266 halaman ini sangat layak bagi pegiat sejarah islam, khususnya anak-anak IAIN/UIN yang sedang galau mencari referensi. 

JL Berggren membahas penemuan dan sejarah aritmetika pada masa keemasan Islam, penemuan geometri, aljabar, trigonometri, trigonometri bola dan teori bilangan. Diberbagai sudut buku ini, Berggren juga tidak segan menyebutkan referensi darimana buku atau kitab kuning yang digunakan.

Di Amazon harganya 70an dollar.